Apakah Zikir Fida' Berguna Bagi Orang Mati?


Pertanyaan:
Ada sebuah keluarga dalam setiap tahunnya mengadakan pertemuan dengan acara membaca zikir sebanyak 7000 yang dihadiahkan kepada keluarganya yang telah meninggal dunia. Zikir tersebut diistilahkan Zikir Fida’ (tebusan). Pada suatu ketika, ada seorang yang menegur dan memberi tahukan bahwa zikir yang dilaksanakan itu tidak ada gunanya. Apakah benar ada zikir yang bernama Fida’ atau memang ada istilah lain? Dan apakah benar pernyataan tokoh tersebut?

Jawaban:
Pada kenyataannya, memang ada zikir yang bernama Dzikir Fidá’. Yaitu membaca kalimat “lá iláha illál-Láh” sebanyak 70.000 kali, bukan 7000 kali. Sedangkan pernyataan tokoh tersebut tidak benar, dan kalimat itu akan menjadi tebusan mayit yang memang Dzikir Fidá’ di hadiahkan padanya.

Hanya saja, dalam masalah Dzikir Fidá’ ini memang masih terdapat perbedaan di antara para ulama. Keterangan bisa Anda lihat dalam kitab Hásyiyatud-Dasúqí, Khazínatul-Asrár, I’ ánatuth-Thálibín, dan Irsyádul-‘Ibad.

Source:
- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.


- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara M. Wasi'atur-Rahmah (Surabaya) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: merdeka.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel