Bagaimana Caranya Agar Sholat Bisa Khusuk Dan Dekat Kepada Allah?



Pertanyaan:
Bagaimana caranya agar salat menjadi Khusuk? Dan bagaimana caranya menjadi ana yang saleh dan selalu dekat dengan Allah SWT?

JAWABAN:
Agar salat menjadi khusuk, kita harus benar-benar merasa bahwa mushalli (orang yang mengerjakan salat) menghadap kepada Allah SWT, Yaitu Tuhan Semesta Alam yang selalu mengawasi dan mengetahui pada bisikan hati mushalli.

Jadi, Mushalli harus benar-benar merasa diawasi oleh Allah SWT. Sehingga ia tidak bisa memikirkan hal-hal yang lain, yang bukan urusan salat. Dan juga harus menghilangkan perkara-perkara yang mengganggu pada pemusatan hati kepada Allah.

An ta'budal-Láh ka’nnaka taráh, wa inlam takun taráhu fa-innal-Lah yaráka (Hendaknya kamu menyembah Allah SWT seakan-akan kamu melihat-Nya. Dan meskipun kamu tidak bisa melihat Allah tetapi Allah SWT melihatmu). Kalau sudah demikian, maka mushalli itu akan menjadi anak yang saleh dan dekat dengan Allah SWT.

Source:
- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Titi (Kebumen) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: rmoljabar.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel