Benarkah Akhirat Tidak Kekal?



Pertanyaan:
Dalam masalah akidah saya mau bertanya, apa memang benar akhirat itu tidak kekal? Sebab ada orang yang mengatakan seperti itu. Mohon penjelasannya dengan sejelas-jelasnya. Terima kasih

Jawaban:
Kalau dilihat dari sisi aqidah, memang pada hakikat zat, semua makhluk selain Allah SWT adalah tidak kekal. Termasuk yang tidak kekal adalah akhirat, meliputi Surga dan neraka. Namun, hal itu memandang pada asal mula hakikat dari zat akhirat itu sendiri.

Sedangkan jika melihat Allah SWT bersifat jaiz (boleh) berkehendak pada sesuatu yang mumkin,,  maka umpama Allah mau mengekalkan akhirat, maka akhirat juga kekal. Dan di dalam al-Qur’an sudah disebutkan bahwa akhirat itu kekal.

Maka kesimpulannya, akhirat itu asal mulanya ditinjau dari hakikat dzat adalah tidak kekal, karena má siwal-Láhu fán (segala benda selain Allah akan rusak atau binasa).

Namun setelah itu, akhirat akan dikekalkan oleh Allah, yang mana mengekalkan itu jaiz bagi Allah SWT. Sebagaimana kita ini diwujudkan oleh Allah. Dan Allah SWT yang mengetahui kebenaran sesuatu.

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Abdus Salam (Jember) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: semuanyajdt.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel