Benarkah Orang Yang Sekarat Didatangi Setan?



Pertanyaan:
Saya pernah mendengar kalau ada orang yang sedang menghadapi sakaratul-maut akan didatangi setan dengan membawa air minum memaksa orang itu kafir. Apa benar seperti itu? Syukron

Jawaban:
Memang disebutkan dalam sebuah kitab bahwa ketika orang itu sedang sekaratul-maut,  yang pada saat itu merasakan haus, ada setan datang dengan membawa air minum dan mengaku dirinya Tuhan, lalu setan itu berkata:

أَنَا اللهُ لاَ اِلَهَ الاَّ أَنَا
Akulah Allah. Tiada tuhan selain aku

Dan setan menyuruh orang itu untuk mengakuinya, dengan janji jika dia mengakui dirinya tuhan, akan diberi air untuk mengobati rasa hausnya itu.

Maka, kalau orang yang sakaratul-maut  itu sampai mengakui ketuhanan setan, maka ia kafir. Oleh karena itu, ketika orang itu mengalami sakaratul-maut , lalu ia berisyarah meminta minuman, maka segera diberi minuman, agar tidak terkena godaan setan, seperti penjelasan di atas.

Source:


- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.


- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Abd Kholiq (Bangkalan) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.


- Sumber gambar: warohmah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel