Benarkah Tulang Makanan Jin?



Pertanyaan:
Dalam agama Islam dilarang istinja’ atau bersuci pada tulang, karena tulang adalah makanan Jin. Apa Jin hanya makan tulang saja, sedangkan lainnya tidak dimakan? Terima kasih.

Jawaban:
Sebagaimana telah disebutkan dalam hadis, seperti Hadis Muslim yang diriwayatkan sahabat Abdullah bin Mas’ud, bahwa Jin itu memakan tulang, maka tulang itu tidak dibenarkan kalau dibuat alat istinja’, karena makanan Jin.

Sedangkan jin itu tidak makan tulang saja, bahkan makanan manusia yang tidak dibacakan basmalah pada makanan itu juga dimakan oleh makhluk sebangsa jin. Sebagaimana disebutkan oleh Syekh al-Malawi, bahwa jin itu ada yang makanan pokoknya dengan menghirup bebauan. Dan Allah SWT Yang Maha Tahu atas kebenaran sesuatu.

Pertanyaan 2:
(Ilmu Yang Wajib Dicari Itu, Ilmu Apa Saja?)
Disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw bahwa mencari ilmu itu wajib bagi laki-laki dan perempuan. Pertanyaan Kami, apa semua ilmu yang dimaksudkan oleh Nabi SAW, atau ilmu tertentu saja? Dan yang seperti apa?

Jawaban:
Yang menjadi kewajiban bagi orang Muslim laki-laki atau perempuan adalah ilmu yang dinisbatkan pada amal perbuatan, baik itu perbuatan hati, seperti berkeyakinan bahwa Allah SWT satu, atau perbuatan badan, seperti salat, haji, dan semacamnya.

Jadi, dalam Hadis itu yang dimaksud ilmu yang dituntut bukan semua ilmu, tetapi berupa ilmu yang berkaitan dengan amal perbuatan, baik perbuatan hati atau anggota tubuh yang menjadi tuntunan hukum agama.

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Khafshoh (Pasuruan) dan  Fatoni (Jember)  serta dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: konsultasisyariah.com

Bagikan jika bermanfaat