Dalil Mengenai Gurauan Rasulullah SAW



Pertanyaan:
Apakah ada dalil yang bisa dipertanggung-jawabkan bahwa gurauan Nabi Muhammad SAW itu benar, karena Nabi selalu berkata benar?

Jawaban:
Ya, memang ada Hadis riwayat Imam Ath-Thabrani dari Siti Aisyah, bahwa Rasulullah SAW pernah didatangi seorang perempuan tua dari kalangan Anshar. Perempuan itu berkata pada Nabi SAW,  Wahai  Rasulullah, do’akanlah agar Allah SWT  memasukkanku ke Surga.” Lalu Nabi Bersabda, “Sesungguhnya orang tua renta tidak akan masuk Surga”.

Lalu beliau meninggalkan wanita itu untuk solat. Usai Nabi salat, Siti Aisyah berkata kepada beliau, “Sungguh jawaban atas wanita tadi sangat meresahkan dan membuat dia sedih”. Mendengar hal itu Nabi saw bersabda, “Kenyataan memang yang aku sampaikan. Sesungguhnya tidak ada di Surga orang tua renta, karena Allah akan memasukkan penghuni Surga itu dalam keadaan muda.”

Hadis ini adalah gurauan Rasulullah Muhammad SAW.  Gurauan ini tetap memegang teguh prinsip kejujuran.

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Uswatun Hasanah (Probolinggo) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: google.com

Bagikan jika bermanfaat