Karena Membantu Persembunyian Nabi, Lantas Apakah Laba-Laba Tidak Boleh Dibunuh?


Pertanyaan:
Di Madura sudah menjadi keyakinan bahwa laba-laba tidak boleh dibunuh, karena ia berperan membantu persembunyian Nabi Muhammad saw di gua Tsur. Apa memang betul demikian?

Jawaban:
Pada saat Rasulullah SAW dan Abu Bakar berada di gua Tsur, laba-laba memang membantu persembunyian beliau dengan sarangnya. Tapi, perlu diingat yang membantu beliau bukan hanya laba-laba saja, juga ada burung merpati yang membuat sarang disekitar mulut Gua Tsur.

Jadi kalau laba-laba dilarang dibunuh karena membantu persembunyian Nabi Muhammad SAW dan Sayidina Abu Bakar RA, itu tidak benar. Sebab merpati juga ikut membantu, tapi kenyataannya boleh disembelih.

Syekh Nawawi al-Bantani di dalam kitab Kásyifats-Sajá menyangkal keyakinan seperti yang ditanyakan diatas, karena kenyataannya tidak demikian. Wal-Láhu a’lam bish-shawáb.

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Farman (Sampang) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: wahdah.or.id

Bagikan jika bermanfaat