Kontroversi Tentang Pernyataan Ibnu Arabi Yang Menyatakan Fir'aun Itu Islam?



Pertanyaan:
Saya mau Tanya tentang pernyataan Ibnu Arabi yang menyatakan Firaun itu Islam. Apa hal itu bisa menyebabkan dia kafir atau murtad? Sebab masih ada uneg-uneg di benak saya. Syukron

Jawaban:
Memang ada pendapat Syekh Muhyiddin Ibnu Arabi yang nyeleneh, seperti yang anda kemukakan, yakni menyatakan Firaun sebagai seorang Muslim. Namun dari ke-nyeleneh-an beliau itu para ulama Ahlussunah tidak memvonis beliau seorang yang sesat atau kafir.

Sebagaimana telah dijelaskan dalam kitab Fatáwá al-Haditsiyyah karya Ibnu Hajar al-Haitami, dan dalam kitab Sab’ah Kutubin Mufidah karya as-Sayid Alwi bin Ahmad Assegaf, orang yang menyatakan Ibnu Arabi adalah seorang yang kafir di karenakan pernyataan-pernyataannya yang nyeleneh di sangkal habis-habisan.

Dalam kitab itu disebutkan, bahwa vonis kafir terhadap Ibnu Arabi itu hanya dibuat-buat tanpa ada alasan yang kuat dan terlalu berlebihan. Sebab pertanyaan Ibnu Arabi itu sebagai Ijtihad saja, yang tidak sampai berakibat beliau kufur.

Intinya, beliau salah dalam ijtihadnya, dan kesalahan seperti itu tidaklah berakibat fatal. Sebab seorang ulama dalam pendapatnya bisa saja ada yang benar dan ada yang salah, sehingga yang benar bisa diterima dan bisa diambil, dan yang salah ditolak. Hal semacam itu bisa saja terjadi pada siapapun, kecuali pada orang-orang yang maksum, seperti para Nabi.

Syekh Muhyiddin Ibnu Arabi adalah seorang yang zuhud dan tekun beribadah, konon ibadahnya sulit ditiru oleh manusia biasa, dan beliau mempunyai kekeramatan yang banyak, yang hal ini juga menunjukkan beliau bukan orang sesat, apalagi sampai kafir. Dan Allah SWT yang mengetahui atas kebenaran sesuatu.

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara M. Haikal Rifqi (Surabaya) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: majalahlangitan.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel