Maksud Hadis Ramalan Fitnah Akhir Zaman?


Pertanyaan:
Apakah maksud hadis berikut ini? Tolong penjelasannya. “Kelak akan terjadi banyak fitnah. Pada zaman tersebut banyak orang orang yang duduk lebih baik daripada orang yang berdiri, orang yang berdiri lebih baik daripada orang yang berjalan, serta orang yang berjalan lebih baik daripada orang yang berlari.” Syukron.

Jawaban:
Menurut Imam an-Nawawi, hadis itu menandakan besarnya fitnah yang terjadi pada saat itu. Hadis tersebut mengajak umat agar menghindari fitnah itu, tidak membuat akan terjadinya semacam itu, yang mana kejelekan fitnah itu timbul bilamana orang mengadakan hubungan dengan fitnah itu.

Dan yang dimaksud fitnah tersebut adalah perbedaan dan perselisihan yang terjadi diantara umat Islam dikarenakan membuat berita yang tidak benar terhadap imam (pemimpin) orang Islam, sebagaimana yang terjadi pada masa perselisihan antara Sayidina Ali RA dan Sayidina Muawiyah.

Source:


- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.


- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Lukmanul Hakim (Kalimantan Timur) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: nusagates.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel