Salahkah Benci Pada Ahli Maksiat?


Pertanyaan:
Apakah salah benci pada orang yang berbuat maksiat? Kan maksiat itu menurut Tauhid hakikatnya dikerjakan oleh Allah SWT. Karena semua pekerjaan manusia dijadikan oleh Allah SWT. Mohon penjelasan pak Kiai tentang hal ini. Terima kasih

Jawaban:
Benci pada perbuatan maksiat itu hukumnya wajib, kalau dari segi maksiat itu dilarang (manhí’anhu) oleh Allah SWT. Kalau bencinya itu dari segi qadha’-qadar-nya Allah, maka hukumnya tidak boleh. Sebab semua qadha’ dan qadar –nya Allah itu baik, hanya yang tidak baik adalah yang ditakdir yang dilarang oleh syarak (maksiat dan dosa).

Jadi, perkara-perkara yang dikehendaki  Allah SWT belum tentu diperintah oleh Allah, dan perkara-perkara yang diperintah Allah SWT belum tentu dikehendaki oleh Allah pula (Wal-amr ghairul-Irádah wal-Irádah ghairul-amr).

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.


- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara H. Mahfud (Malang) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.


- Sumber gambar: radioroja.com

Bagikan jika bermanfaat