Siapa Yang Pertama Kali Memberi Nomor Pada Ayat-Ayat Al-Qur'an?



Pertanyaan:
Siapakah yang membuat ayat-ayat al-Qur’an berurutan / bernomor 1, 2, 3?

Jawaban:
Sebagaimana keterangan di kitab al-Burhán fí ‘Ulúmíl-Qur’án dan al-Itqán fí ‘Ulúmíl-Qur’án, yang memberi nomor al-Qur’an itu adalah sahabat Nabi. Sedangkan urutan ayat atau tartíbul-‘áyát adalah atas dasar tauqífí (petunjuk langsung dari Nabi Muhammad SAW).
#######

Pertanyaan 2:
Kita mendengar seseorang yang menyandang atribut kiai yang bertandang ke gereja untuk berceramah, dengan dalil menjaga persatuan bangsa, toleransi beragama, mengusung paham pluralisme, sekulerisme, dan isme-isme yang lainny, yang merupakan produk impor dari barat.

1). Bagaimana menyikapinya?
2). Sampai di mana batasnya berinteraksi dengan kaum kuffar?
3). Pun pula bagaimana tinjauan sufistik?

Jawaban:
Perbuatan yang disebut toleransi yang Saudara tanyakan ada peninjauan dalam hukumnya. Yaitu, perbuatan seperti itu bisa berakibat murtad atau keluar Islam jika sampai rida pada agama mereka.

Dan jika hanya menyerupai cirri khas mereke sementara hatiya tidak rida sama sekali, maka dihukumi haram dan tidak sampai murtad. Jika hanya kebetulan menyerupai cirri khas mereka itu sedangkan ia sama sekali tidak bertujuan untuk hal semacam itu, maka hukumnya makruh.

Source:
- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara M. Muhlis (Sampang), Hasbulloh Syahri Abdullah (Probolinggo) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: dompetalquran.or.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel