Apa Benar Siti Hawa Turun Di India?


Pertanyaan:
Saya ingin bertanya, konon Ibu Hawa turun di India, makanya  orang India cantiknya luar biasa. Apa benar Ibu Hawa itu turun dari Surga ada di sana dan Nabi Adam sendiri diturunkan di mana?

Jawaban:
Sebenarnya yang turun di India itu Nabi Adam AS, sedangkan Ibu Hawa itu turun di Jedah. Jadi tidak ada keterangan yang menyebutkan Ibu Hawa di turunkan di India, sehingga orang perempuan India cantik-cantik. Barangkali itu sebuah kebetulan saja ada sebagian orang India lebih cantik dibanding dengan perempuan lain, sesuai dengan kehendak Allah SWT.

Setelah Nabi Adam AS cukup lama ada di India dan Ibu Hawa ada di Jedah, beliau berdua bertemu di sebuah tempat yang bernama Arafah (sekarang sebagai tempat wukuf orang haji).

Ada ulama yang menyatakan bahwa tempat itu disebut Arafah, karena Nabi Adam AS dan Siti Hawa berjumpa di tempat tersebut untuk pertama kalinya setelah cukup lama berpisah, setelah diturunkan dari Surga.

Kata “Arafah” ini diambil dari kata Arab yang artinya kenal atau tahu. Maksudnya Nabi Adam AS dan Siti Hawa kenal atau berjumpa di sebuah tempat sehingga disebut “ARAFAH”.

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Hanifah (Bangkalan) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: bennyrhamdani.com

Bagikan jika bermanfaat