Apa Hikmahnya Solat Menghadap Kiblat?


Pertanyaan:
Mengapa ketika salat kita harus menghadap kiblat, dan apa hikmah dibalik itu? Syukron.

Jawaban:
Sebelumnya perlu ditegaskan terlebih dahulu bahwa menghadap Ka’bah dalam solat hanyalah sebagai symbol, bukan sebagai hakikat peribadatan. Dengan demikian, maka sangat keliru apabila ada anggapan atau tuduhan yang menyatakan bahwa solat berarti menyembah Ka’bah.

Menyembah selain Allah SWT hukumnya kafir, termasuk menyembah Ka’bah. Solat menghadap ke Ka’bah tidak bisa disamakan dengan menyembah patung atau matahari seperti di kalangan agama tertentu.

Hikmah yang terkandung di dalamnya adalah menyamaratakan barisan, serta untuk menenangkan badan. Dan ini merupakan symbol kebersatuan dan kekompakan yang dapat menyatukan manusia pada satu titik nilai ibadah.

Tidak bisa dibayangkan bila di dalam solat tidak ditentukan arahnya, sehingga kesatuan jiwa akan tercerai/berai. Tidak boleh dilupakan pula bahwa menghadap kea rah yang sama dapat mengatasi kebingungan dalam memilih arah dalam solat.

Dipilihnya Ka’bah sebagai kiblat, karena Ka’bah merupakan monomen sejarah kenabian, dimana Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS telah membangun dasar-dasar Islam sejak awal. Sehingga, sangat masuk akal bila Ka’bah dijadikan arah ibadah, utamanya ibadah solat sebagai tolok ukur dari kepatuhan terhadap agama.

Source:


- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Abdullah (Sampang) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: beritadunia.net

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel