Apa Yang Dimaksud Salat Da'im?


Pertanyaan:
Di tempat Kami banyak penganut kebatinan mengatakan bahwa salat yang hakiki adalah salat Da’im. Apa salat Da’im itu?

Jawaban:
Kita beribadah kepada Allah SWT harus berdasarkan al-Qur’an dan Hadis atau sunah rasul SAW yang ibadah secara zahir dan batin (dengan jasmani/anggota badan, rohani/hati). Bahkan, ibadah Rasulullah SAW merupakan penjelasan tata cara ibadah yang diperintahkan dalam al-Qur’an, khususnya ketika Rasulullah SAW mempraktekkan salat kepada para sahabatnya (Shallu Kamá ra’aiyumúni ushalli/ Salatlah kalian sebagaimana kalian melihatku melakukan solat).

Maka dari itu, aliran kebatinan (ibadah tidak usah pakai jasmani, tapi pakai hati) adalah sesat. Pengertian istilah salat Da’im dalam aliran kebatinan adalah pengertian yang salah. Sedangkan yang dimaksud Da’im dalam Surah al-Ma’árij, ayat 23, yang berbunyi:
Dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir, kecuali orang-orang yang mengerjakan salat, yang mereka itu tetap mengerjakan salatnya. (QS. al-Ma’árij [70]: 21-23).
Adalah selalu menjaga dan istiqamah dalam melaksanakan salat sesuai dengan ketentuannya, dan jangan sampai meninggalkannya.

Source:


- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Anonymous dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: google.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel