Apakah Allah Bisa Untuk Menciptakan Makhluk Yang Lebih Kuat Daripada Allah Sendiri?


Pertanyaan:
Apakah Allah SWT kuasa untuk menjadikan makhluk lebih hebat daripada Allah Sendiri?

Jawaban:
Sifat Allah SWT yang berupa Qudrah hanya berhubungan dengan hal-hal yang mumkin. Qudrah tidak berhubungan dengan hal-hal yang mustahil atau wajib. Jadi, karena sifat Allah SWT tidak berhubungan melaikan dengan hal mumkin, maka menciptakan makhluk yang lebih hebat dari Allah SWT tidak terjadi dan tidak mungkin terjadi, sebab hal itu merupakan sesuatu yang mustahil.

Sebab, bila Allah menciptakan makhluk lebih hebat dari Allah SWT, maka akibatnya nanti bisa merusak Dzat Allah Yang Maha Agung. Tidak terjadinya penciptaan makhluk yang lebih hebat itu bukan karena Allah SWT tidak mampu, melainkan karena hubungan sifat Qudrah hanya terhadap hal-hal yang mungkin.

Masalah ini sama dengan pertanyaan: Apakah Allah SWT kuasa menciptakan anak bagi Allah? Hal itu tidak akan pernah terjadi, Karena penciptaan anak bagi Allah SWT merupakan sesuatu yang mustahil, sedangkan sifat Qudrah Allah tidak berhubungan sesuatu yang mustahil.


Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Ahmad Muhlas (Malang) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.


- Sumber gambar: sideshow.com

Bagikan jika bermanfaat