Apakah Benar Ayam Mendengar Siksa Kubur?


Pertanyaan:
Kami pernah mendengar bahwa ayam ada yang mendengar tentang siksaan malaikat terhadap mayit yang ada didalam kubur. Apa itu ada keterangan, atau itu hanya sebatas dongeng saja?

Jawaban:
Memang diterangkan dalam kitab, seperti kitab Is’√°dur-Rafiq, makhluk selain jin dan manusia, mendengar siksaan malaikat terhadap ahli kubur. Sedangkan hikmah tidak mendengarnya manusia dan jin terhadap siksaan yang ada di dalam kubur itu agar iman terhadap barang gaib itu masih ada.

Kalau manusia tahu langsung terhadap siksa kubur, maka hikmah iman terhadap barang gaib itu hilang. Iman mengenai keberadaan alam kubur itu termasuk iman terhadap barang gaib, sebagaimana iman akan keberadaan malaikat, surga, neraka, dan lain sebagainya.

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.


- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Isma'il (Probolinggo) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.


- Sumber gambar: regional.kompas.com

Bagikan jika bermanfaat