Apakah Doa Qunut Meminta Perlindungan Dari Takdir?


Pertanyaan:
Bagaimana pengertia doa dalam qunut yang berbunyi, Waqini syarra má qadhaita”. Sebab, pengertian doa ini adalah meminta dihindarkan dari takdir Allah SWT yang buruk. Apakah hal itu tidak percuma? Sebab, semuanya sudah ditakdirkan Allah SWT sejak azali. Atau, apakah hal itu tidak termasuk kurang menerima terhadap qadhá’ dan qadar-nya Allah SWT?

Jawaban:
Kalimat Waqini syarra má qadhaita” dalam doa qunut tersebut, ada kemungkinan dua pengertian. Pertama, yang dimaksud doa tersebut adalah minta dijauhkan dari takdir jelek yang suatu saat bisa menimpa pada diri seorang Mukmin. Minta dihindarkan dari kejelekan tidak dilarang oleh syariat, bahkan syariat menganjurkan agar berdoa meminta sesuatu yang baik dari Allah SWT dan dihindarkan dari kejelekan.

Sedangkan pengertian yang kedua dari doa tersebut adalah meminta dihindarkan dari kejelekan yang disebabkan qadhá’atau putusan Allah SWT.

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Jaka Santoso (Malang) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: bersamadakwah.net

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel