Apakah Ibadah Puasa Bisa Dimasuki Riya'?

Pertanyaan:
Menurut keterangan di dalam Hadis, bahwa semua ibadah anak Adam adalah untuk mereka, kecuali puasa. Dan puasa akan dibalas oleh Allah SWT sendiri karena yang tahu hanyalah Allah. Apakah di dalam ibadah puasa bisa dimasuki rasa Riya’, sedang puasa itu urusan dia dan Allah SWT?

Jawaban:
Ibadah puasa, menurut Imam Ibnu Hajar al-Haitami, jika dilihat dari sisi dzátiyyah-nya (hakikatnya) memang tidak bisa dimasuki sifat riya’, karena puasa itu urusan hamba dan Allah SWT.

Namun, dari sisi ‘áridhi-nya (faktor di luar puasa itu sendiri), puasa itu bisa dimasuki sifat riya’, misalnya orang yang beribadah puasa memberitahukan kepada orang lain, dengan niat agar orang lain tahu bahwa dia orang yang selalu berpuasa, sehingga mendapat pujian.

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Salman (Malang) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.


- Sumber gambar: kabartimur.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel