Apakah Lailatur Qadar Berlaku Untuk Umat Lain?


Pertanyaan:
Malam Lailatul Qadar adalah suatu malam istimewa yang lebih baik daripada seribu bulan. Namun, saya punya pertanyaan, apakah malam Lailatul Qadar itu dimiliki oleh semua umat, mulai umat Nabi Adam AS sampai umat Nabi Muhammad SAW, atau khusus umat Nabi Muhammad SAW saja?

Jawaban:
Malam Lailatul Qadar memang malam istimewa, lebih baik daripada seribu bulan, sebagaimana disebutkan di dalam al-Qur’an surat al-Qadr.

Sedangkan mengenai pertanyaan apakah malam Lailatul Qadar itu untuk semua umat atau hanya untuk umat Nabi Muhammad SAW saja? Menurut ulama Ahlusunnah Waljama’ah, Lailatul Qadar itu adalah ikhtisháhu hádzihil-ummah atau keistimewaan khusus umat Nabi Muhammad saw. jadi, selain umat Nabi Muhammad SAW tidak ada malam Lailatul Qadar.

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Ach. Syafi'i (Sampang) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: google.com

Bagikan jika bermanfaat