Apakah Malaikat Juga Punya Dua Hari Raya Seperti Hari Raya Manusia?

Pertanyaan:
Ada seseorang berkata bahwa malaikat Allah di langit tujuh mempunyai dua malam Id (malam hari raya) sebagaimana manusia mempunyai dua hari raya, yaitu Hari Raya Idul Fitri dan Adha. Pertanyaan Saya, apa benar keterangan itu dan ada di kitab apa? Bagaimana dengan nisbat malam dan siang hari bagi malaikat, karena di sana tidak ada matahri dan bulan?

Jawaban:
Memang ada sebuah keterangan di dalam kitab Hásyiyatus-Sarqáwi bab salat Idain, bahwa para malaikat di atas langit ini memiliki dua malam Id, yaitu malam Nishfu Syaban dan malam lailatul Qadar, sebagaimana manusia juga punya dua hari raya Id, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.

Sedangkan Id malaikat diletakkan pada waktu malam, karena para malaikat tidak pernah tidur dan waktu malam lebih utama daripada waktu siang hari, maka malam Id mereka diletakkan pada waktu malam hari. Tidak sama dengan manusia yang masih membeutuhkan tidur dan malam hari sebagai waktu istrahat, maka Id-nya diletakkan pada siang hari.

Sedangkan malam hari dan siang hari para malaikat adalah masa yang menurut manusia malam hari dan siang hari. Malam hari yang menurut manusia, maka bagi malaikat juga malam hari, juga siang hari yang menurut manusia, maka menurut malaikat juga sebagai siang hari.

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.


- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Masykur Syafaat (Kalimantan) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: halloriau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel