Apakah Membunuh Cecak Benar-Benar Mendapatkan Pahala?


Pertanyaan:
Saya ingin penjelasan mengenai paham orang-orang bahwa membunuh cecak itu berpahala, apakah ada ulama yang berkata seperti itu, atau hal itu hanya cerita kuno? Mohon penjelasannya.

Jawaban:
Menurut Syekh Nawawi al-Bantani dalam kitabnya, Káyifatus-Sajá, membunuh cicak itu bisa mendapat pahala seratus, asalkan dibunuh dengan satu pukulan langsung mati. Kalau dipukul beberapa kali, lalu setelah itu mati, maka tidak berpahala seratus.

Pertanyaan 2:
(pengobatan batin)
Bagaimana hukum pengobatan dengan kebatinan? Apa ada tuntunan dari Rasulullah SAW. apa ada dalilnya juga? Kalau memang ada tuntunannya, bagaimana untuk membedakan kebatinan yang sesuai dengan tuntunan dengan yang tidak? Soalnya, masyarakat ada yang terjebak dalam kesyirikan gara-gara mencari obat. Umat melenceng akidahnya karena ujian sakit.

Jawaban:
Pengobatan dengan cara apapun tidak dilarang asalkan tidak menyalahi syariat. Ada Hadis yang menunjukkan bahwa dalam Islam itu ada pengobatan dengan bacaan al-Qur’an atau do’a-do’a yang lain. Ada seorang sahabat Nabi SAW yang membacakan surat al-Fatihah untuk menyembuhkan orang yang disengat kalajengking, sebagaimana diriwayatkan dalam Hadis al-Bukhari dan lainnya. Jadi, pengobatan batin dengan cara membaca do’a tersebut tidak menyimpang dari ketentuan agama.

Jika bacaan yang dibaca mengandung kata-kata kesyirikan, seperti pemujaan terhadap jin, atau mengubah ayat-ayat al-Qur’an, seperti membaca al-Qur’an dengan cara dibalik dan lain sebagainya, maka hukumnya tidak boleh.

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Maisaroh (Sampang) dan Purwanto (Banyuwangi) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: hewandantanaman.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel