Apakah Puasa Bulan Muharam Pahalanya Melebihi Pahala Haji?


Pertanyaan:
Ada suatu amalan yang pahalanya melebihi pahala lain, seperti jika berpuasa pada tanggal 10 Muharam, konon pahalanya sama dengan 1000 kali ibadah haji. Apakah itu berarti puasa pada tanggal itu lebih baik daripada Ibadah haji?

Jawaban:
Pahala ibadah sunnah tidak bisa mengalahkan ibadah fardu, termasuk dalam pertanyaan di atas. Jadi kalau ada pahala ibadah sunah berlipat ganda sedangkan pahala ibadah fardu hanya satu pahala saja, tetap saja pahala ibadah fardu lebih besar nilainya.

Sebab ibadah sunah itu tidak ubahnya butir-butir makanan jika dibanding pahala ibadah fardu yang nilainya seperti tumpeng makanan. Jadi, pahala ibadah haji satu kali, jauh lebih besar nilainya dibanding pahala puasa hari ‘Asyura.

Source:


- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Miftahul Alimin (Situbondo) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: madanitv.net

Bagikan jika bermanfaat