Apakah Takdir Bisa Berubah Karena Usaha?


Pertanyaan:
Allah SWT telah menakdirkan hidup kita, tapi kata guru saya, dengan berusaha ketentuan itu bisa berubah. Apakah ketentuan Allah bisa kalah dengan usaha kita?

Jawaban:
Perlu diketahui bahwa takdir Allah SWT itu ada yang “mubram” dan ada yang “mu’allaq”. mu’allaq”. Yang dimaksud takdir “mubram” adalah takdir yang tidak bisa berubah sama sekali. Sedangkan yang dimaksud takdir “mu’allaq” adalah takdir yang dikaitkan dengan sesuatu.

Misalnya Zaid bisa menjadi orang celaka jika tidak berusaha dengan sungguh-sungguh untuk menjadi orang selamat. Jika Zaid berusaha sungguh-sungguh agar menjadi orang yang selamat, maka dia akan menjadi orang yang selamat. Jadi takdir mu’allaq adalah takdir yang masih dihubungkan dengan sesuatu, atau takdir yang tidak paten sebagaimana takdir mubram.

Maka yang dimaksud dengan usaha, takdir yang bisa dirubah dalam pertanyaan diatas, jika hal itu terjadi pada takdir mu’allaq. Ketentuan Allah SWT bukan bisa dikalahkan oleh usaha seperti yang ditanyakan, akan tetapi takdir Allah ada yang masih dikaitkan dengan usaha makhluk Allah SWT itu sendiri.

Untuk mengetahui takdir mubram atau mu’allaq kita tidak bisa mengetahuinya. Maka dari itu, kita dianjurkan berdo’a atau berusaha barangkali yang diharapkan itu termasuk takdir mu’allaq. Wal-Láhu a’lam bish-shawáb.

Source:
- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Khulaimi (Pasuruan) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.


- Sumber gambar: jens.gurusiana.id

Bagikan jika bermanfaat