Apakah Untuk Mengetahui Hasil Dari Salat Istikharah Harus Menunggu Mimpi?


Pertanyaan:
Saat salat Istikhrah dalam mencari sesuatu, banyak orang yang minta pertanda baik atau buruk dengan melalui mimpi. Apa memang seperti itu yang dianjurkan, dan bagaimana sebenarnya istikharah yang baik dan yang dianjurkan?

Jawaban:
Istikharah itu artinya meminta kebaikan dari Allah SWT. Bisa dilakukan dengan cara salat dua rakaat, juga bisa dilakukan dengan cara berdo’a. sebagaimana telah disampaikan oleh Sayid Alwy bin Abbas al-Maliki al-Hasani, melakukan Istikharah dengan minta pertanda baik atau buruk melalui mimpi sebenarnya tidak perlu. Hal semacam itu hanya dilakukan oleh kalangan yang awam terhadap ajaran agama.

Yang benar, mestinya setelah melakukan istikharah, berupa salat atau do’a, ia sudah merasakan kelapangan dada tentang urusan tersebut atau belum. Kalau masih belum, maka lakukanlah sampai tujuh kali dengan berturut-turut.

Salat Istikharah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW dalam riwayat Sahabat Jabir RA adalah dua rakaat, lalu setelah salat, berdo’a dengan doa ma’tsúr (diajarkan NABI SAW) yang sudah banyak kita kenal.



Source:


- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Muktasim (Sumenep) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: wisatanabawi.com

Bagikan jika bermanfaat