Benarkah Siti Aisyah Melarang Penguburan Sayidina Hasan Di Sisi Makam Nabi SAW?


Pertanyaan:
Apa benar Siti Aisyah melarang penguburan Sayyidina Hasan di sisi Rasulullah SAW? kalau iya, mengapa?

Jawaban:
Kalau kita menengok dalam kitab-kitab sejarah yang mu’tabar, maka kita justru akan menemukan keterangan yang sangat berbeda dengan pertanyaan ini. Dalam kitab-kitab sejarah dijelaskan bahwa Siti Aisyah justru mengizini permintaan Sayidina Hasan Bin Ali untuk di makamkan di dekat Rasulullah SAW. Dalam Mukhtashar Tarikh Dimasyqá di jelaskan sebuah riwayat sebagaimana berikut:

Dari Abi Rafi’ dan lainnya, diceritakan bahwa Hasan bin Ali bin Abi Thalib terkena penyakit perut. Ketika dirinya hampir wafat, beliau mengutus seseorang kepada Sayyidah Aisyah untuk meminta izin agar beliau dikubur di dekat makam Rasulullah SAW di rumah Sayyidah Aisyah.

Lalu Aisyah berkata: “Iya, tinggal satu tempat yang cukup untuk seorang. Asalnya aku sediakan untuk diriku sendiri, namun aku lebih mendahului engkau (Sayyidina Hasan) untuk itu.

Riwayat yang sama juga bisa dilihat dalam kitab al-Bidáyah wan-Hidáyah, Tarikhul-Madinah dan Khaláshatul-Wafa bi Akkbári Dáril-Mushthafá.

Jadi sebenarnya pernyataan bahwa Siti Aisyah menolak permintaan Sayyidina Hasan sebagaimana dalam pertanyaan itu, merupakan cerita buatan orang yang benci terhadap Sayyidah Aisyah. Segala upaya mereka lakukan untuk menurunkan derajat beliau, akan tetapi perbuatan itu hanya kesia-siaan belaka, dan keagungan Siti Aisyah tidak akan tergoyahkan sedikitpun.

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Syaifullah (Bondowoso) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: ngopibareng.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel