Berapa Jumlahnya Munkar-Nakir, Dua Atau Banyak?

Ilustrasi Gambar Malaikat

Pertanyaan:
Saya punya ke-isykal-an tentang malaikat Munkar dan Nakir, apakah malaikat itu banyak jumlahnya atau hanya dua malaikat saja yang mendatangi makhluk yang meninggal di seluruh alam ini?

Jawaban:
Sebutan Munkar dan Nakir ini adalah bila keduanya datang pada orang kafir dan orang mukmin yang durhaka yang tidak bertobat. Sedangkan bila dua malaikat itu hadir kepada orang Mukmin yang taaat atau Mukmin bermaksiat namun sudah tobat, maka panggilan untuk keduanya adalah malaikat Mubasyir dan Basyir.

Sedangkan tentang keberadaan  dua malaikat masih terjadi khilaf antar-ulama. Ada yang berpendapat, Munkar dan Nakir itu memang berjumlah dua, sehingga ketika ada banyak orang meninggal dalam waktu bersamaan tubuh keduanya akan membesar, sehingga bisa menjangkau pada semua orang meninggal pada saat itu. Keterangan ini sebagaimana disebutan dala kitab At-Tadzkirah.

Tetapi meurut Imam As-Suyuthi, bisa jadi Munkar dan Nakir itu adalah dua golongan malaikat, golongan pertama diberi nama Munkar dan golongan yang kedua diberi nama Nakir. Jadi, jumlah mereka banyak. Wal-Láhu A’lam bish-shawáb
Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Ashmawi (Jember) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: pelangiblog.com

Bagikan jika bermanfaat