Bolehkan Menyembelih Ayam Putih Untuk Menolak Gangguan Jin?


Pertanyaan:
Ada orang sakit, kata dukun ia terkena jin di daerah angker di desanya. Dukun itu menyuruh rukatan dengan menyembelih ayam putih di tempat angker itu. Konon itu sesuai permintaan jin di sana. Apakah hal semacam ini boleh menurut syariat. Kalau misalnya tidak boleh, apakah pelakunya bisa kufur?

Jawaban:
Untuk permasalahan seperti dalam pertanyaan ini perlu ada peninjauan kejadian yang sudah dilakukan. Kalau menyembelih ayam putih itu bertujuan bertaqarrub ila-Láh (mendekatkan diri kepada Allah SWT) sekaligus untuk menolak gangguan jin dan sebagainya, maka hukumnya boleh atau tidak haram.

Sedangkan bila menyembelih ayam putih untuk hadiah atau sesajen kepada jin, maka hukumnya haram atau tidak diperbolehkan syariat, bahkan kalau hal itu dilakukan untuk tawarrub kepada jin, maka bisa mengakibatkan kufur. Wal-Láhu a’lam bish-shawáb.

Source:


- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.


- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Syamsul Arifin (Bangkalan) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.


- Sumber gambar: medium.com


Bagikan jika bermanfaat