Empat Pertanyaan Tentang Allah Yang Dijamin Sempurna Iman Seseorang?


Pertanyaan:
Saya pernah mendengar sesepuh masyarakat memberi wejangan: bila menghindari empat kalimat berupa: “Aina”, “Kaifa”, “Mata”, “Kam” dijamin sempurna iman seseorang. Apa betul dawuh itu, dan kira-kira bagaimana kesimulannya? Mohon penjelasannya.

Jawaban:
Memang ada keterangan di dalam sebuah kitab bahwa ada ulama yang punya pendapat seperti itu dengan penjelasan sebagai berikut:

Yang dimaksud dengan “Aina” ialah bila kita ditanya tentang dimana Allah SWT berada? Maka jawabannya, Allah SWT tidak ada dimanapun. Yang dimaksud “Kaifa” ialah bila ditanya bagaimana keberadaan Allah SWT? Maka dijawab, bahwa tidak ada satupun makhluk yang menyerupai Allah.

Dan yang dimaksud “Mata”  adalah bila Allah ditanya kapan Allah SWT itu ada? Maka dijawab, keberadaan Allah SWT tidak ada permulaannya dan tidak ada batas akhirnya atau wujud Allah adalah selamanya. Sedangkan yang dimaksud “Kam”  yaitu jika ditanya berapa Allah SWT itu? Maka dijawab, Allah SWT itu satu, tidak beranak dan tidak diperanakkan, sebagaimana yang disebutkan dalam al-Qur’an surat Al-Ikhlas. Itulah yang dimaksud dari empat kalimat dalam pertanyaan di atas. Wal-Láhu a’lam bish-sháwab

Source:


- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Sulaiman (Pasuruan) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: google.com

Bagikan jika bermanfaat