Kenapa Dalam Syahadat Hanya Nabi Muhammad SAW Yang Disebutkan?


Pertanyaan:
Kenapa dalam lafal syahadat kok Cuma Nabi Muhammad SAW yang disebut? Sedangkan Nabi itu kan banyak?

Jawaban:
Dua kalimat syahadat yang merupakan nash dari Hadis adalah bersaksi bahwa Tiada Tuhan Selain Allah dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT. Sedangkan hikmah yang hanya Nabi Muhammad SAW yang disebut adalah karena kita umat Nabi Muhammad yang membawakan wahyu dari Allah, Maka kita hendaknya bersaksi atas kebenaran Nabi Muhammad SAW.

Dengan meyakini kenabian Nabi Muhammad SAW, secara tidak langsung, berarti juga mempercayai nabi-nabi yang lain. Sebab, kita mengetahui keberadaan nabi-nabi yang lain itu karena diberitahukan oleh Nabi Muhammad SAW melalui wahyu dari Allah SWT.

Jadi, untuk lafal syahadat kita berdasarkan nash yang ada, seperti yang dijelaskan dalam hadis Arba’in an-Nawáwiyyah. Nabi-nabi yang lain tidak perlu disebutkan karena sudah tercakup dalam ketentuan rukun iman yang berjumlah enam.

Source:
- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara R. Imamuddin (Pamekasan) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

- Sumber gambar: islamcendikia.com

Bagikan jika bermanfaat