Warak Sampai Tidak Kuat Ibadah


Pertanyaan:
Pada zaman ini sulit mencari barang halal, paling tidak yang kayaknya halal ternyata subhat. Yang kami tanyakan: lebih baik mana antara tidak mau makan barang subhat, seperti sekarang ini, namun jadinyan loyo untuk ibadah karena kelaparan, atau makan barang subhat tapi sehat untuk melakukan ibadah?

Jawaban:
Syekh Izzuddin pernah ditanyakan dengan pertanyaan seperti itu, lalu beliau menjawab bahwa orang yang warak sampai kewarakannya itu menyebabkan ia meninggalkan hal-hal yang fardu, maka orang seperti itu tidak ada  baiknya sama sekali.

Artinya, kalau kewarakan terhadap barang subhat itu bisa menyebabkan dia meninggalkan kewajibannya kepada Allah SWT, maka lebih baik makan barang subhat tapi kewajibannya kepada Allah SWT dapat dilaksanakan dengan baik. Namun, jika warak itu tidak sampai menyebabkan dia meninggalkan kewajiban, maka warak itu sangat baik sekali. Wal-Láhu a’lam bish-shawáb.

Source:

- Artikel ini dikutib dari buku “Bunga Rampai Dialog Iman-Ihsan” yang di terbitkan oleh Pustaka Pondok Pesantren SIDOGIRI, Pasuruan, Jawa Timur.

- Pertanyaan diatas ditanyakan oleh saudara Syafi'i (Banyuwangi) dan dijawab langsung oleh KH. A. Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.


- Sumber gambar: mozaik.inilah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel