Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Bisa Dibuka Dengan Jaringan Wi-Fi

Sejak pertama kali menggunakan smartphone Android, selama itu pula saya tidak pernah mengalami kendala tentang aplikasi-aplikasi yang ingin dibuka untuk di online-kan. Entah itu yang online langsung menggunakan jaringan data seluler maupun lewat jaringan Hotspot Wi-fi.


Namun dalam beberapa kasus belakangan ini, ada sebuah keganjilan yang bisa membuat saya merasa bingung dengan hal itu. Yaitu aplikasi tidak bisa online menggunakan jaringan Hotspot Wi-fi.

Ketika aplikasi di buka, dilayar ponsel ada sebuah notifikasi yang muncul hanya sekejab kemudian hilang lagi bak secepat kilat yang kalimatnya tidak sempat saya baca secara keseluruhan. Isi dari notifikasi yang sempat saya baca kurang lebih isinya adalah “aplikasi ini diblokir dari menyambung Wi-fi, blab la bla…”.

Dengan keterbatasan daya baca saya, saya sendiri tidak tahu isi kelanjuta dari kalimat tersebut. Yang jelas ketika saya membuka sebuah aplikasi yang berhubungan dengan internet,maka aplikasi yang bersangkutan tidak berfungsi secara normal. Tapi kalau aplikasi yang bersangkutan dibuka dengan menggunakan data seluler, maka aplikasinya bisa dibuka dengan lancar dan tidak mengalami masalah sedikitpun.

Jika aplikasi itu dibuka secara paksa dan dibiarkan beberapa menit, maka tampilan aplikasi hanya berbentuk layar putih dan dalam hitungan menit, akan muncul halaman pemberitahuan baru yang isinya seperti teks dan gambar dibwah ini.

Application Error
The connection to the server was unsuccessful. (file:///android_asset/www/index.html)

Kasus semacam ini saya alami ketika saya menggunakan smartphone Android merk Oppo A33w yang kapasitas RAM dan ROM-nya 1 GB dan 16 GB ruang penyimpanan/memory internal.

Dan saya sendiri tidak tahu apakah kasus seperti ini hanya menimpa pada ponsel Oppo A33w saja atau juga menimpa pada merk Oppo versi-versi yang lain. sebab saya sendiri baru kali ini menggunakan Oppo, dan kebetulan model adalah A33w.

Sedangkan untuk HP Oppo model yang lain, saya masih belum mencoba untuk menggunakannnya karena masih belum punya uang untuk membelinya.

Namun yang jelas untuk ponsel-ponsel merk lain yang pernah saya gunakan (pegang), misalnya seperti smartphone Android merk Samsung berbagai macam versi, VIVO, dan Lenovo, pengalaman saya tidak pernah menemukan masalah seperti ini. Semua aplikasi yang terhubung ke Wi-fi bisa langsung dibukanya dan tidak ada kendala sama sekali.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?
Untuk mengatasi aplikasi yang terblokir oleh jaringan Wi-fi itu caranya sangat gampang. Karena di dalam notifikasi yang telah saya sebutkan di atas kalau dibaca secara detail (berusaha untuk membaca semua isi kalimatnya) sebenarnya disana di akhir kalimat itu ada petunjuk bagaimana caranya agar aplikasi yang bersangkutan diizinkan untuk megakases Wi-fi.

Dengan adanya petunjuk dan pengaturan seperti itu, nantinya pengguna bisa mengaturnya sesuai dengan aplikasi yang dikehendakinya. Apakah aplikasi Si A mau di kasih akses untuk dibuka melalui jaringan WI-fi saja atau tidak? Atau Apakah Aplikasi Si B mau diberi akses untuk dibuka hanya menggunakan data seluler saja atau tidak? Atau juga apakah aplikasi Si C bisa diberi akses untuk dibuka menggunakan metode keduanya atau tidak? maksudnya bisa diberi akases untuk dibuka menggunakan jaringan Wi-Fi dan data seluler. Nah kurang lebih begitulah maksud penjelasan dari sebuah notifikasi yang muncul tadi itu.

Biar pembahasan ini tidak bertambah panjang dan lebar yang tidak jelas gitu, lebih baik sekarang kita langsung bahas ke step by stepnya saja.

Berikut langkah-langkahnya:
1). Pertama, buka pengaturan telpon/ponsel.
2). Kemudian pilih lainnya
3). Lalu pilih Penggunaan Data
4). Kemudian pilih Kontrol Koneksi Internet.

5). Selanjutnya centang aplikasi yang ingin diberi akses untuk jaringan Wi-FI.

Atau kalau ingin semua aplikasi diberi akses tanpa terkecuali, maksudnya bisa dibuka melalui jaringan Wi-Fi kalian bisa mengetap/menyentuhnya tepat di logo Wi-Fi seperti gambar dibawah ini.

 6). Selesai…

Demikianlah cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka atau di blokir oleh jaringan Wi-Fi. Semoga denga hadirnya artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat. Amin…

Bagikan jika bermanfaat