-->

Cara Menyambungkan Hotspot Wifi Dari Berbagai Jenis Aplikasi VPN Tanpa Root


Sekitar tahun2017 yang lalu kalau tidak salah saya sebenarnya pernah menuliskan tentang artikel cara menyambungkan Hotspot Wi-Fi dari aplikasi sejenis VPN seperti HTTP Injector dan KPN Tunnel.  Dimana didalam kedua aplikasi gretongan tersebut memang sudah tersedia fiturnya sehingga pengguna bisa membagikan koneksinya ke ponsel lain tanpa ada masalah.

Tapi dalam konten tersebut yang di bahas adalah smartphone Android yang sudah dalam keadaan di root. Sedangkan Hp yang tidak di Root, saya sendiri belum membuatkan tutorialnya. Karena memang HP android yang statusnya masih belum di root tidak bisa membagikan koneksinya ke Ponsel lain jika Hp yang bersangkutan menggunakan koneksi yang berasal aplikasi VPN.

Maka dari itu, dalam postingan kali ini saya akan memberikan tutorialnya bagaimana caranya agar ponsel Android yang tidak pernah di Root sama-sama menikmati fitur pentransferan jaringan Wi-Fi apabila gadget yang bersangkutan sedang mengoperasikan apliaksi VPN.

Hanya saja untuk HP yang tidak di ROOT ini step by stepnya agak ribet dibandingkan dengan yang di root. Kalau HP yang di root langsung main pancal saja, kalau yang tidak di root untuk mengaktifkannya pengguna harus memasukkan nomor proxy dan port di dalam pengaturan  perangkat masing-masing. Tapi kalau kita sudah terbiasa melakukannya, sesuatu yang awalnya ribet akhirnya bisa berubah menjadi gampang dan kesannya seperti biasa-biasa saja.

Adapun aplikasi VPN yang dimaksud diantaranya adalah HTTP Injector, KPN Tunnel, Psiphone, Anonytun, OpenVpn dan lain sebagainya. Pokoknya semua jenis VPN bisa mentransferkan Hotspot Wi-Finya menggunakan trik ini.

Namun yang perlu diketahui bersama bahwa trik ini tidaklah segampang seperti kita mengaktifkan  Hotspot Wi-fi biasa melainkan ada beberapa komponen tambahan (khusus) yang harus kita jadikan perantara agar Hotspot yang berasal dari ponsel kita itu koneksi internetnya bisa tersambung ke perangkat lain yaitu aplikasi pihak ketiga yang bernama NetShare.

Melalui aplikasi inilah kita sebagai pengguna aktif aplikasi VPN bisa mengkonekkan Hotspot WiFi ke perangkat lain layaknya kita menghubungkannya tanpa mengoperasikan VPN.

Oa dalam artikel ini saya membuatkan artikelnya hanya khusus perangkat PC/Komputer dan Android saja, sedangkan untuk smartphone-smartphone yang lain saya tidak bisa memberikan tutorialnya lantaran keterbatasan waktu dan media. Jadi, bagi para pengguna yang tidak disebutkan diatas, harap dimaklumi.

Berikut langkah-langkahnya.

Khusus Perangkat Komputer/PC (Windows)


1). Pertama kalian download dan Install dulu aplikasi yang bernama NetShare melalui Play Store.

2). Kemudian buka aplikasi yang bersangkutan lalu “Aktifkan Nirkabel” dan Gulir kekanan scroll “WPS”.

(Kalau sudah konek, scroll WPS itu meskipun tidak di gulir kekanan juga tidak apa-apa, yang penting konek dan bisa mengakses internet).

3). Kemudian jika sudah, sekarang buka perangkat yang ingin di konekkan melalui apliaksi NetShare tadi. Lalu masukkan alamat (nama) Hotspot dan kata sandinya.

4). Jika sudah dimasukkan nama dan sandi Hotspotnya, sekarang Buka Control Panel > Network And Internet > lalu Internet Option.

5). Setelah itu akan muncul jendela tool baru. Silahkan pilih dan klik menu Connection lalu dilanjutkan dengan mengklik “LAN Setting”

6). Setelah itu akan muncul jendela baru lagi. Silahklan di ceklist atau di centang pada bagian “Use a proxy server for your LAN” kemudian masukkan kode proxy dan port berikut ini.
 - Proxy di isi: 192.168.49.1          
- Port di isi : 8282

7). Terakhir, sekarang tinggal coba untuk mengakses internet apakah bisa konek atau tidak? Saya rasa kalau anda mengikuti step by stepnya secara benar, maka kalian akan bisa mengakses internet sesuai dengan keinginannya .Selesai.

Khusus Perangkat Smartphone Android.


1). Pertama kalian download dan Install dulu aplikasi yang bernama NetShare melalui Play Store.

2). Kemudian buka aplikasi yang bersangkutan lalu “Aktifkan Nirkabel” dan Gulir kekanan scroll “WPS”.

(Kalau sudah konek, scroll WPS itu meskipun tidak di gulir kekanan juga tidak apa-apa, yang penting konek dan bisa mengakses internet).

3). Kemudian jika sudah, sekarang buka perangkat yang ingin di konekkan melalui apliaksi NetShare tadi. Lalu masukkan alamat (nama) Hotspot dan kata sandinya.

4). Jika sudah dimasukkan nama dan sandi Hotspotnya, sekarang Buka pengaturan dari Wi-Fi yang sudah tersambung tadi.

5). Kemudia jika sudah muncul halaman baru, sekarang gulir pada Proxy Manual ke kanan dan masukkan kode proxy dan port-nya.
- Nama Host Proxy di isi: 192.168.49.1   
- Port Proxy di isi : 8282

6). Kalau proxy dan portnya sudah dimasukkan, sekarang coba kalian browsing dan lihat hasilnya. kalau kalian mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar, maka ponsel android kalian akan bisa mengakses internet tanpa ada masalah atau gangguan ini dan itu. Selesai.

Aplikasi NetShare ini bukan hanya digunakan pada perangkat PC/Komputer dan  Android saja melainkan bisa juga digunakan pada jenis smartphone-smartphone yang lain seperti iPhone/iPad/iPod, Mac, Chrombook dan lain sebagainya. Intinya di perangkat yang bersangkutan kalian bisa memasukkan alamat proxy 192.168.49.1 dan port 8282. Untuk step by stepnya bisa di sesuaikan sendiri melalui pengaturan perangkat masing-masing.



CATATAN:
Setiap jaringan atau nama alamat Hotspot dan Sandi yang dikeluarkan dari aplikasi NetShare selalu berubah-rubah. Bahkan kadang tidak sampai beberapa menit saja, nama dan kata sandinya sudah berubah. Jadi, sebelum mengakses internet pastikan dulu nama Hotspot dan kata sandinya. Kalau berubah, ya masukkan lagi nama dan kata sandi yang baru yang muncul di NetShare, namun kalau tidak, ya tinggal lanjutkan saja online-nya.




Related Posts

Subscribe Our Newsletter