-->

Cara Cepat Mengatur Kartu Pengalihan Data Seluler Di HP VIVO Y15

Ilustrasi Gambar Simcard

Sudah diketahui bersama bahwa smartphone masa kini mayoritas sudah dilengkapi dengan penempatan dua SIM Card didalamnya. Sehingga dengan adanya fitur tersebut memungkinkan pengguna bisa menggunakan dua kartu seluler sekaligus dari berbagai provider tanpa harus gonta-ganti kartu.

Kalau dulu jika kita ingin menggunakan dua kartu, kita harus mematikan ponselnya terlebih dahulu untuk memasukkan kartu yang satunya. Jika HP sudah dimatikan, baru kita memasukkan SIM Card yang lain sesuai dengan kartu yang dibutuhkan.

Jika mau menggantinya lagi, ya kita harus mematikan kembali ponselnya seperti yang telah dilakukan sebelumnya. Begitulah seterusnya sampai kita benar-benar tidak membutuhkan lagi salah satu kartu seluler yang dimaksud.

Kalau sekarang tidak! Jikalau Kita mempunyai dua kartu, itu bisa dipasang secara bersamaan dan bisa dipakai secara bergantian tanpa harus mematikan ponselnya. Bila ada salah satu kartu yang ingin digunakan, kita tinggal memilih kartu tersebut sesuai dengan kebutuhan. Apakah itu mau dipakai untuk SMS-an, Telponan, ataupun untuk berinternetan (online).

Tapi yang jelas, untuk pengguna smartphone masa kini rata-rata pengaturan kartunya yang paling di utamakan adalah untuk mengatur Data Internetnya saja. Sedangkan untuk kebutuhan SMS dan telponan mungkin sangatlah jarang digunakan.

Sehingga dengan melakukan pengaturan data tersebut pengguna nantinya tinggal memilih kartu mana yang akan digunakan untuk berselancar di dunia daring. Apakah mereka mau menggunakan SIM 1 ataupun SIM 2? Kalau sudah ditentukan pilihannya, maka mereka langsung memencet salah satunya tanpa harus masuk dulu kedalam pengaturan telpon.

Namun demikian, meski kartu yang bersangkutan sudah di setting sedemikian rupa untuk kebutuhan internet, ternyata tidak semua smartphone pengaturan untuk memilih SIM datanya  langsung ada di luar. Ada beberapa smartphone yang pengaturan pemilihan SIM card datanya ada di dalam settingan ponsel. Salah satunya adalah pengaturan yang ada di dalam HP Vivo Y 15.

Di HP Android Vivo Y15 ini pengaturan untuk memilih SIM Card datanya tetap berada di dalam settingan ponsel. Sehingga pengguna ketika ingin mengubah untuk mengaktifkan data selulernya dari SIM 1 ke SIM 2 atau sebaliknya, Ia tidak langsung mengubahnya dari luar melainkan Ia terlebih dahulu harus masuk ke dalam pengaturan/setting telpon. Setelah itu Ia bisa mengubahnya.

Tapi menurut saya pribadi, capek juga kalau tiap mengaktifkan/memindahkan data seluler dari SIM 1 Ke SIM 2 harus bolak-balik masuk kedalam pengaturan telpon. Apalagi kita dalam kondisi terburu-buru, wih rasanya ribet banget dan buang-buang waktu saja.

Lantas bagaimana caranya agar pengaturan data SIM Card tersebut bisa muncul atau berada di luar? Sehingga nantinya ketika ingin mengganti  jaringan dari SIM 1 Ke SIM 2 atau sebaliknya bisa langsung di klik? Jawabannya ada di step by step di bawah ini. Berikut langkah-langkahnya:

1). Pertama seret layar ponsel kalian dari bawah (bar) ke atas hingga muncul menu pusat pintasan. Didalam pusat pintasan ini muncul beberapa fitur penting seperti Data Seluler, Wi-Fi, Mode Pesawat, Hotspot, Bluetooth, Lokasi/Map, Getar dan lain sebagainya.

2). Setelah berada di dalam halaman pusat pintasan tersebut, sekarang gulir/seret lagi layar ponsel kalian ke atas hingga menemukan titik tiga  seperti gambar dibawah ini. Habis itu, silahkan pencet atau sentuh titik tiga tersebut.

3). Selanjutnya, sekarang cari  Alihkan Jaringan”. Jika sudah ketemu, tekan menu tersebut agak lama kemudian bawa/seret keatas dan letakkan di samping atau di atasnya menu “jaringan” (agar nantinya ketika dibutuhkan mata kalian tidak bingung mencarinya dimana letaknya).

4). Selesai.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter