Cara Mengatasi Rekaman Layar HP OPPO A3S, A5S, A7, A9 Yang Tidak Bersuara

Rekaman layar tidak ada suaranya

Solusi Screen Record Oppo A5 Tidak Ada Suaranya.

Di era yang serba digital sekarang ini, Keberadaan dari Screen record atau perekam layar dari sebuah smartphone itu memang sangat di butuhkan oleh para pengunanya. Karena dengan adanya fitur tersebut pengguna bisa merekam layar ponselnya sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Namun yang paling dominan, biasanya pengguna merekam layar ponselnya bertujuan untuk membuat tutorial tentang seputar teknologi, internet gratis, sosial media, chat, android dan lain sebagainya yang hasilnya kemudian akan di bagikan ke berbagai media online seperti Youtube, Facebook, WhatsApp, Instagram, dan Twitter.

Tapi menurut saya pribadi hasil rekaman layar yang sudah berbentuk file video tersebut mayoritas oleh mereka di upload kedalam portal situs/aplikasi Youtube. Karena disana video yang bersangkutan nantinya bisa dimonitisasi dan menjadi penghasilan yang menggiurkan.

Yang terpenting konten/video yang bersangkutan tidak melanggar kebijakan yang telah ditentukan oleh pihak Youtube. Dan kontennya pun tentunya harus berkualitas agar nantinya video tersebut banyak di sukai oleh para pemirsa yang menontonnya.

Semakin bagus video yang ditawarkan, maka semakin banyaklah pemirsa yang menyukainya. Semakin banyak yang menontonnya, maka semakin banyak pulalah pundi-pundi receh dolar/rupiahnya yang mengalir ke rekening mereka. Itulah kunci sukses untuk menjadi seorang Youtuber.

Akan tetapi kalau hasil rekamannya tidak bersuara, Cuma menampilkan video doang, saya rasa seandainya video tersebut di upload ke media online, saya yakin orang-orang  tidak akan menyukainya. Malahan, bisa jadi menjadi bahan bullyan dari para Netizen.

Nah, maka dari itu dalam artikel kali ini saya akan membahas cara mengatasi screen record di HP Android yang tidak bersuara. Maksudnya video hasil rekamannya itu tidak ada suaranya, yang ada hanya objeknya saja.

Kasus ini terjadi pada smatphone Android milik teman saya yang bermerk OPPO A5S. Dimana pada waktu itu, teman saya yang baru beli HP OPPO ingin mencoba membuat video tutorial dengan memanfatkan fitur aplikasi screen record bawaan dari ponsel itu sendiri.

Tetapi setelah ia berhasil membuat videonya, ternyata hasil rekaman tersebut setelah di putar tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Sedikitpun videonya tidak mengeluarkan suara. Yang ada hanya tampilan layar ponselnya saja bergerak-gerak sedangkan suaranya dia yang kebetulan sebagai dubbernya tidak terdengar sama sekali.

Berbagai cara untuk menemukan solusinya tidak di temukan. Mulai dari Berulang-ulang melakukan screen record sampai mencari dan masuk ke pengaturan telpon untuk mencari setingannya tapi usahanya tetap tidak membuahkan hasil.

Singkat ceita, dengan perasaan setengah putus asa Akhirnya ia bertemu dengan saya dan menanyakan tentang masalah ponsel OPPO miliknya. Ia mengatakan kepada saya bahwa HP OPPO A5S yang baru dibelinya itu tidak bisa mengeluarkan suara ketika sedang melakukan screen record.

Setelah saya mencobanya sendiri, memang benar apa yang telah di ceritakan teman saya tersebut. Tapi saya sendiri tidak kaget mengenai hal itu, karena saya sendiri pernah mengalami hal yang sama di hp VIVO. Dan saya waktu itu berhasil mengatasinya dengan cara mencari settingannya di dalam pengaturan telpon.

Dengan bemodalkan pengalaman yang pernah saya alami, saya mencoba untuk melakukan hal yang sama dengan membuka pengaturan telpon, tapi setelah masuk kedalamnya, ternyata pengaturan telponnya tidak sama dengan pengaturan milik VIVO. Nah disinilah saya mulai merasa kaget dan bingung dimana letak pengaturannya?

Tapi berkat kepiawaian dan ketelitian saya dalam mencari settingan ponsel, dengan waktu yang tidak begitu lama akhirnya saya berhasil menemukan pengaturannya. Disana memang pengaturan suaranya tidak di aktifkan sehingga ketika ponsel sedang melakukan perekaman layar, audio tidak berfungsi.

Nah bagi kalian yang HP OPPO A5S-nya mengalami hal yang serupa dengan milik teman saya tersebut, maka kalian bisa mengatasinya dengan cara yang sama pula persis seperti settingan dibawah ini:

Berikut langkah-langkahnya:

1). Silahkan buka Pengaturan telpon

2). Kemudian pilih Aplikasi Sistem

3). Lalu pilih aplikasi Rekaman Layar

4). Selanjutnya pada Izinkan Perekaman Suara diaktifkan dengan cara menggulir scrollnya ke sebelah kanan hingga berubah warna menjadi hijau.

5). Selesai..

Setelah kalian mengikuti step by step diatas, maka hasil video dari rekaman layar ponselnya tidak akan membisu lagi, semuanya akan kembali normal dan bersuara layaknya kita merekam dari camera ponsel.

Cara diatas bisa diterapkan pada HP OPPO A3S, OPPO A9, OPPO A7, OPPO F9, OPPO F11 dan merk lainnya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter