Cara Reset HP Vivo X5 Pro

X5 Pro

VIVO X5 Pro merupakan smartphone asal Cina yang dirilis sekitar tahun 2015. Pada masa itu, ponsel pintar milik perusahaan elektronika asal Dongguan ini dibrandol dengan harga hampir 5 jutaan. Jika dibandingkan dengan Hp Android merk lain seperti Samsung, harga tersebut bisa dikatakan sangat murah mengingat spesifikasinya yang lumayan tinggi.

Misalnya isi daya batrai bisa menampung daya 2450 Mah, Memory Internal 16 GB, kapasitas RAM (Random Access Memory) sebanyak 2GB, kamera belakang mengusung resolusi 13 Mp, prosesor 8 core Cortex A53 berkecepatan 1,5 GHz, layar super Amoled 5,2 inci dan lain sebagainya.

Namun demikian, setinggi apapun speknya sebuah smartphone tetap saja membutuhkan perawatan agar performa ponsel tetap optimal. Karena bagaimanapun juga gadget yang bersangkutan pasti tidak didiamkan saja melainkan sering dioperasikan oleh pemiliknya. Semakin sering sebuah ponsel digunakan, maka semakin sibuklah komponen (system) yang bekerja di dalamnya.

Sehingga mau tidak mau, secara lambat-laun namun pasti kondisi ponsel akan semakin melemah. Jika sudah mengalami hal seperti itu, tentu kinerja ponsel tidak seperti dulu lagi. Kalau biasanya ketika kita membuka sebuah aplikasi langsung terbuka, kini mulai loading atau menunggu beberapa saat. Bahkan ada pula yang mengalami loading hingga bermenit-menit, sampai-sampai ketika aplikasi yang bersangkutan mau di tutup tidak bisa close seolah-olah layar sudah tidak berfungsi lagi.

Masalah seperti itu tentu merasa kurang disukai oleh pengguna mengingat spek ponsel itu sendiri yang lumayan tinggi. Maka dari itu tidak ada salahnya pengguna harus mereset ulang agar kinerja ponsel kembali normal seperti baru beli.

Lantas apakah tidak optimalnya multitasking Android tersebut lantaran disebabkan karena terlalu seringnya ponsel yang di gunakan?

Jawabannya, Tentu saja tidak! Melemahnya kinerja sebuah ponsel bukan seratus persen karena terlalu seringnya ponsel yang bersangkutan dioperasikan melainkan ada hal lain yang dapat menyebabkan hal seperti itu. Sebagai contoh misalnya disebabkan karena masalah intern seperti kemasukan malware jahat (virus), banyaknya aplikasi-aplikasi yang terinstall yang berkapasitas tinggi, file video yang berdurasi panjang, cache yang menumpuk dan lain sebagainya.

Jadi tidak ada salahnya kalau kita sebagai pengguna harus selalu konsisten merawat gadget yang kita miliki agar kondisi HP tetap stabil dan awet. Cara merawatnya gimana? Ya caranya dengan mereset ulang ponsel yang bersangkutan. Dalam topik ini tentu saja gadget yang dimaksud adalah VIVO X5 Pro.

Namun sebelum kita meresetnya, perlu kalian ketahui bersama bahwa mereset sebuah smartphone itu tujuannya bukan untuk mengembalikan pengaturan telpon untuk kembali ke pengaturan pabrik saja dan membuat performa ponsel lebih enteng seperti semula, tidak. Melainkan bisa juga untuk membuka layar ponsel yang kebetulan terkunci karena lupa password dan lainnya.

Selain dari itu, biasanya mayoritas pengguna mereset smartphone yang dimilikinya ketika ponsel mengalami bootlop (HP menyala hanya muncul di logonya saja), restart sendiri, loading yang sangat berlebihan, sentuhan layar kurang sinsetive dan lain sebagainya.

Jadi, apabila ponsel Vivo X5 Pro yang kalian miliki ada yang mengalami masalah seperti yang telah saya sebutkan diatas, maka sesegera mungkin kalian meresetnya. Karena kalau terus dibiarkan, maka status ponsel akan bertambah parah dan bisa merusak komponen-komponen yang ada di dalamnya. Entah itu yang bersifat software maupun hardware.

Sedangkan cara mereset smartphone Android itu sebenarnya bisa dilakukan dengan tiga cara yaitu; pertama, dengan cara melalui pengaturan ponsel, kedua, dengan menggunakan kode yang diketik langsung melalui dialpad, dan yang ketiga, bisa dilakukan dengan cara melalui Recovery Mode.

Namun dalam artikel ini saya akan memberikan tutorialnya hanya dengan cara yang nomor tiga saja yaitu melalui Recovery Mode. Karena cara ini hasilnya lebih optimal dibandingkan dengan keduanya. Selain dari itu, cara ini bisa dilakukan meski keadaan ponsel sedang dikunci/terkunci.

Cara Reset HP VIVO X5 PRO

1). Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah matikan dulu HP-nya.

2). Kemudian setelah HP-nya betul-betul sudah mati, sekarang nyalakan kembali dengan cara menekan tombol POWER+HOME+VOLUME ATAS (secara bersamaan hingga muncul logo robot yang berwarna hijau ) , jika sudah muncul logo robotnya, segera lepas semua tombol yang ditekan tadi. Dan beberapa saat lagi menu recovery mode akan segera muncul.

3). Jika kalian sudah berada didalam menu recovery mode, sekarang pilih "WIPE DATA" dengan cara menggulir kebawah menggunakan tombol "Volume min (pengecil suara)". Kemudian tekan tombol "Power" untuk mengeksekusi. (Atau bisa juga langsung menyentuh di layar ponsel).
Lihat Gambar.

4). Kemudian kalian akan dibawa ke halaman baru dan mendapatkan notifikasi yang berisi kalimat Wipe Cache Partition dan Wipe Data. Kalian pilih saja "WIPE Data".

5). Selanjutnya pilih lagi sekali lagi "WIPE DATA"

6). Lalu tunggu sampai peresetan hp android Vivo X5 Pro kalian berhasil di proses. Jika sudah di proses, silahkan klik "OK"

Kemudian di lanjutkan dengan mengeklik "Reboot System ". Setelah itu ponsel akan melakukan Restart/Reboot. Selesai

Setelah berhasil melakukan peresetan, maka ponsel Android VIVO X5 PRO yang baru kalian reset tadi itu akan kembali ke pengaturan awal (pabrik). Sehingga semua data yang pernah kalian simpan didalam memori internal maupun eksternal akan terhapus kecuali file atau data yang memang berasal dari bawaan ponsel itu sendiri. Termasuk semua aplikasi yang kalian install dari Play Store dan dari berbagai sumber lainnya juga akan terhapus.

Catatan penting:
Usahakan sebelum melakukan peresatan kondisi daya batrai diatas 50%.

Source Image Title: directd.com.my

Related Posts

Subscribe Our Newsletter