Cara Reset HP Samsung Prime Plus


Dengan berjalannya waktu, tidak selamanya smartphone yang kita gunakan selama ini statusnya selalu fresh dan optimal. Adakalanya di waktu-waktu tertentu sebuah ponsel  yang kita gunakan tersebut mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya kinerja ponsel sudah mengalami penurunan performa, restart sendiri, botloop, hank, blank dan lain sebagainya.

Hal seperti itu terjadi disebabkan karena masalah internal dan eksternal. Tapi mayoritas kebanyakan disebabkan karena masalah yang berasal dari internal. Misalnya seperti ponsel kemasukan malware jahat (virus), file sampah yang menumpuk yang tidak sempat dibersihkan, cache yang tersembunyi, dan banyaknya aplikasi-aplikasi yang berukuran besar yang sudah tidak sesuai lagi dengan kapasitas system penyimpanan ponsel.

Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal seperti yang telah disebutkan diatas, kita perlu meresert atau mengatur ulang ponsel Android yang bersangkutan. Sehingga nantinya performa ponsel akan kembali  normal seperti semula persis seperti baru keluar dari pabrik.

Namun perlu kita ketahui bersama bahwa meresert sebuah smartphone Android itu sebenarnya bukan Cuma untuk membuat status ponsel menjadi fresh saja melainkan juga bisa digunakan sebagai alternative untuk membuka android yang terkunci karena lupa password .

Jadi, kalau misalnya sewaktu-waktu ada smartphone-smartphone tertentu yang terkunci karena pemiliknya lupa akan kata sandi yang dipasangnya, maka salah satu cara untuk membuka android tersebut adalah dengan cara meresert ponsel.

Dalam artikel ini saya mencoba untuk meresert HP Android merk Samsung Galaxy Grand Prime+ dengan Nomor Model SM-G532F. Alasan di resertnya Hp tersebut bukan lantaran layarnya terkunci (lupa password) melainkan karena ingin multitasking ponsel yang bersangkutan kembali normal.

Karena bagaimanapun juga, meresert sebuah Android itu perlu dilakukan oleh pemiliknya mengingat kondisi ponsel yang selalu di operasikan hampir 10 jam dalam kurun waktu 24 Jam. Terlebih gadget yang bersangkutan sibuk digunakan untuk bermain game dan berselancar di dunia sosial media, nah itu perlu perlakuan khusus agar kinerja ponsel tetap awet. Sekalipun tidak wajib, setidaknya melakukan peresert-an dilakukan Sminimal 4-5 bulan sekali.

Namun perlu diketahui pula bahwa meresert sebuah smartphone Android itu bisa dilakukan dengan dua cara. Cara pertama bisa dilakukan dengan mengikuti step by step yang sudah tersedia didalam pengaturan ponsel itu sendiri dan yang kedua bisa dilakukan dengan cara meresert masuk ke dalam recovery mode.

Berikut langkah-langkah untuk mereset HP Android Samsung Galaxy Grand Prime+ dengan nomor seri SM-G532F.

CARA PERTAMA (Menggunakan Metode Pengaturan Ponsel):


1). Pertama-tama buka pengaturan ponsel Samsung Galaxy Grand Prime+

2). Kemudian gulir ke bawah dan pilih Tentang Perangkat.

3). Lalu pilih RESET (paling bawah).

4). Selanjutnya pilih pengaturan Reset Data Pabrik. Dan tunggu hingga proses peresetan selesai. Biasanya proses peresetan membutuhkan waktu yang agak lama, jadi kalian tidak usah kaget jika Android anda tidak segera menyala secara normal.

5). Selesai.

CARA KEDUA (Menggunakan Metode Recovery Mode):


1). Pertama-tama matikan dulu HP yang kalian mau di reset.

2). Kemudian setelah ponselnya sudah mati, sekarang nyalakan kembali dengan cara menekan tombol POWER+HOME+VOLUME ATAS (secara bersamaan hingga logo robot hijau muncul) , jika sudah muncul logo robotnya, segera lepas semua tombol yang ditekan tadi. Dan beberapa saat lagi menu recovery akan segera muncul.

3). Setelah menu recoverynya sudah muncul, sekarang gulir ke bawah dengan menggunakan tombol volume – (untuk memperkecil suara) dan pilih Wipe data/Factory Reset. Lalu tekan tombol Power untuk mengeksekusi.

4). Kemudian Gulir kebawah lagi dan pilih Yes. Lalu tekan tombol Power lagi untuk mengeksekusi. Dan tunggu hingga proses peresetan sudah selesai. Jika sudah selesai, maka kalian akan dibawa kembali kehalaman menu recovery seperti semula.

5). Terakhir disini kalian pilih Reboot System Now. Selesai…

Setelah berhasil melakukan peresetan, maka ponsel Android Samsung Galaxy Grand Prime + yang baru kalian reset  itu tadi semua yang ada didalam ponselnya akan kembali ke pengaturan pabrik. Sehingga semua data yang pernah kalian simpan didalam memori internal maupun eksternal akan terhapus kecuali file atau data yang memang berasal dari bawaan ponsel itu sendiri.

Catatan penting:

Usahakan sebelum melakukan peresatan kondisi daya batrai diatas 50%.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter