Cara Mengatasi Facebook Lite Yang Lemot dan Tidak Bisa Berkomentar (Loading)

Loading, Lemot, Error, Selalu memuat postingan

Raksasa jejaring sosial media terbesar dunia, Facebook sekitar pertengahan tahun 2015 secara resmi mengumumkan versi baru khusus smartphone Android. Facebook terbaru tersebut oleh pihak pengembang diberi nama Facebook Lite.

Namun pada waktu itu, untuk Indonesia sendiri masih belum resmi diluncurkan karena Facebook mini ini untuk sementara waktu diperuntukkan bagi pengguna di kawasan negara yang memiliki jaringan internet lambat.

Yang mayoritas terdapat di negara-negara berkembang seperti Bangladesh, Nepal, Negeria, Sudan, Afrika Selatan, Vietnam dan Srilangka. Serta di beberapa negara Amerika Latin dan sebagian kecil Eropa masuk cakupan aplikasi tersebut.

Dan selang beberapa bulan/tahun kemudian akhirnya FB Lite ini secara bertahap resmi bisa dinikmati oleh para pengguna seluruh dunia termasuk Indonesia.

Sedangkan untuk fungsi dan fiturnya aplikasi Facebook Lite ini hampir tidak ada perbedaan dibandingkan dengan Facebook yang versi biasa (standar). Hanya saja untuk Facebook Lite tersebut dirancang sekian rupa sehingga bentuknya lebih ramping dan ringan.

Secara default ukuran file-nya tidak kurang dari 3 Mb sehingga tak memberatkan smartphone Android yang mempunyai spesifikasi rendah. Malahan sebelum diperbarui, seingat saya dulu ukuran file-nya hanya 1 MB. Akan tetapi setelah mengalami beberapa kali pembaharuan, ukurannya mulai bertambah dan bertambah.

Selain dari itu, versi Facebook ini digadang-gadang memakai sedikit data dan bagus di semua kondisi jaringan. Termasuk bisa digunakan di ponsel yang support jaringan 2G. Jadi sangat cocok bagi HP Android jadul yang didalamnya tidak didukung oleh jaringan 3G dan 4G.

Untuk lebih detailnya berikut kelebihan dari Facebook Lite yang telah dikutip dari portal Play Store-nya:

• Pemasangan cepat.
Aplikasi lebih kecil, sehingga lebih cepat untuk mengunduh serta menggunakan ruang penyimpanan ponsel lebih sedikit.

• Memuat dengan cepat.
Aplikasi lebih cepat mengunggah foto dan melihat pembaruan dari teman.

• Menggunakan data lebih sedikit.
Lebih efisien dengan data seluler. Hemat biaya karena menggunakan data lebih sedikit.

• Dapat digunakan di semua jaringan.
Aplikasi ini didesain untuk jaringan 2G dan wilayah dengan koneksi internet lambat atau tidak stabil.

• Dapat digunakan di hampir semua ponsel Android.
Anda dapat menggunakannya di berbagai jenis ponsel Android, baik baru maupun lama.

Dan yang paling penting disini menurut Saya adalah ada fitur pesannya yang menyatu dengan aplikasi sehingga memungkinkan pengguna mengirim atau melihat pesan tanpa harus menginstal dan membuka aplikasi Messenger.

Jadi, menurut Saya pribadi aplikasi yang satu ini sangat cocok bagi pengguna yang mempunya Android yang berspek rendah dan jadul. Terutama pada ponsel yang memiliki penyimpanan internal yang sangat minim.

Namun seiring dengan bergulirnya waktu, aplikasi Facebook Lite mengalami beberapa kali pembaruan yang mengakibatkan aplikasi tidak berjalan dengan semestinya dan tidak sesuai dengan yang diharapkan pengguna.

Aplikasi yang awalnya mempunyai ukuran file minim sedikit demi sedikit bertambah bengkak. Kemudian aplikasi yang awalnya support dengan video, di versi terbarunya seolah-olah telah dihapus.

Dan yang paling parahnya lagi, ketika aplikasi dibuka performanya sekarang sudah tidak stabil lagi sehingga aplikasi sering mengalami loading yang berkepanjangan. Bahkan tidak bisa terbuka sama sekali.

Sekalipun bisa, hanya halaman itu-itu saja tidak pernah berubah. Bahkan mau di refresh atau di reload berkali-kalipun berandanya tetap tidak berubah dan tetap diam disitu.

Jadi, kalau kita mau lihat status teman atau kabar berita lainnya, kita harus clear data dulu, lalu login lagi baru bisa. Kalau cuma cache-nya saja yang dihapus, itu masih belum mempan.

Itupun tingkat keberhasilannya cuma sebentar, tidak selamanya berhasil! Cuma melihat beberapa status saja, setelah kita mau gulir kebawah, hal yang serupa sudah terjadi lagi.

Itulah kendala yang dialami Facebook Lite setelah mengalami beberapa kali pembaharuan. Bahkan versi terakhir (212.0.0.6.106) yang di update pada tanggal 16 Agustus 2020 pun tidak bisa mengatasi masalah tersebut.

Saya sendiri sejak awal tahun 2020 sampai Agustus ini sudah lebih dari 4 aplikasi yang saya update, tapi hasilnya tetap nihil. Aplikasi hanya bisa berhasil terbuka di sebagian beranda saja sedangkan mau melihat kabar berita atau status lainnya kebawah tidak bisa.

Awalnya saya kira hal tersebut murni dari gangguan sinyal yang kurang normal tapi pas saya tanya ke teman-teman, ternyata apa yang dialami Facebook saya sama dengan yang dialami teman-teman sesama pengguna aplikasi Facebook Lite.

Lantas bagaimana cara mengatasi Facebook Lite yang tidak berjalan secara optimal? Atau dengan kata lain aplikasi tidak merespon ketika di reload/refresh.

Caranya sangat gampang! Kalian tinggal uninstall saja aplikasi terbaru yang kalian gunakan saat ini, kemudian install lagi aplikasi serupa tapi yang versi lawas. Maksimal aplikasi hasil peng-update-an sebelum tahun 2019.

Kalau kalian bingung cara mendapatkan file apk-nya, dibawah ini sudah saya sediakan link downloadnya. Dan aplikasinya sudah saya test sendiri di HP saya, dan sampai sekarang tetap saya gunakan. Selain dari itu, di APK ini fitur video masih tersedia dan bisa dinikmati secara normal.

Namun sebelum kalian mendownloadnya, alangkah baiknya kalian cek dulu jenis Prosesor dan Set Instruksinya (Instructions Set) HP yang kalian gunakan. Karena kalau Prosesor dan Set Instruksinya tidak sesuai dengan APK tersebut maka ketika kalian meng-install-nya tidak akan berhasil (aplikasi ditolak oleh sistem).

Dan jangan lupa pula untuk mengecek nomor versi Android kalian. Apakah versi 4, 5, 6, 7, 8, atau 9. Kalian bisa mengeceknya di Pengaturan Telpon/ponsel.

Untuk mengecek jenis processor dan Set Instruksi dari Perangkat Android yang kalian gunakan saat ini, maka kalian bisa membacanya melalui artikel berikut dan ikuti step by stepnya. Cara Mengetahui Jenis Prosesor (CPU) Dan Set Instruksi Android

Jika jenis processor (CPU) dan Set Instruksinya HP kalian sudah diketahui, sekarang tinggal unduh file apk-nya melalui link dibawah ini. Dan pilih sesuai dengan nama jenis Processor/Set Instruksi yang tertera di ponsel kalian.

1). Android Versi 4.0.3+ dengan nomor kode Set Arsitektur: armeabi-v7a

2). Android Versi 4.0.3+ dengan nomor kode Set Arsitektur: x86

3). Android Versi 8.0+ dengan nomor kode Set Arsitektur: arm64-v8a

4). Android Versi 8.0+ dengan nomor kode Set Arsitektur: x86-64

Note:
Jangan lupa sebelum melakukan penginstalan hapus dulu aplikasi Facebook Lite yang kalian gunakan saat ini, karena kalau tidak dihapus, maka apk diatas tidak akan diterima oleh sistem yang mengakibatkan aplikasi error (Gagal terinstall di perangkat yang bersangkutan).

Glosarium:
Versi 4.0.3+ = (artinya) adalah bisa digunakan pada HP Android versi yang lebih tinggi dari versi tersebut. Misalnya versi 4.0.5, versi 4.1, versi 5, Versi 6 dan seterusnya. Yang terpenting bukan versi 4 kebawah dan versi 8.


Versi 8.0+ = hanya bisa digunakan pada HP Android versi 8.0 keatas. Misalnya 8.0.2, 8.1.2, 8.4, 9 dan seterusnya. Sedangkan dibawah dari 8 tidak work.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter