Cara Download Video TikTok Agar Tidak Ada Logo Watermark-nya.

Logo, Label Tiktok

 TikTok adalah sebuah platform sosial media yang berbasis video pendek yang bisa dipadukan dengan berbagai seni seperti musik, tarian, gaya kreatif, ataupun bakat lainnya. Para pengguna bebas untuk berimajinasi dan meluapkan ekspresinya sesuai dengan potensi mereka masing-masing.

Bahkan saking bebasnya, tidak jarang pada awal-awal aplikasi ini dirilis (2016) dimanfaatkan oleh para wanita pekerja sek komersial (PSK) untuk menjajalkan diri dengan cara mengunggah video-video yang berbau negatif (vulgar). Sehingga membuat aplikasi asal Tiongkok (Cina) yang satu ini pernah di blokir oleh pemerintah Indonesia sekitar tahun 2018 yang lalu.

Hal tersebut dilakukan setelah banyaknya laporan dari berbagai pihak bahwa didalam aplikasi tersebut terdapat banyak sekali konten yang tidak sesuai dengan masyarakat Indonesia, terutama pada anak-anak yang masih berusia dini. Karena aplikasi TikTok sejatinya bukan hanya disukai oleh orang dewasa saja melainkan juga disukai oleh semua kalangan tanpa pandang usia.

Namun setelah pihak TikTok melakukan Tabayyun atau negosiasi dengan pemerintah (Kemenkominfo), baru satu Minggu kemudian pemblokiran aplikasi dilepas dengan syarat membuat berbagai perubahan, termasuk menghapus konten negatif, membuka kantor penghubung pemerintah, dan menerapkan batasan usia serta mekanisme keamanan.

Sampai artikel ini dipublish, aplikasi TikTok telah di unduh lebih dari 100 juta. Ini artinya menandakan bahwa aplikasi tersebut sangat di Gandrungi oleh para Netizen seluruh dunia. Dan bisa jadi kedepannya akan menjadi pesaing terberatnya YouTube dan Facebook mengingat usia perilisannya yang masih seumur jagung tapi sudah banyak peminatnya.

Terlebih TikTok memang dirancang khusus untuk generasi millenial yang notabene suka akan hal-hal baru tanpa memandang dampak negatifnya. Yang terpenting bagi para generasi muda sekarang videonya viral didunia online, giliran malu mah belakangan.

Kalau kita lihat sekarang, banyak sekali video TikTok yang beredar di berbagai media jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp dan lain sebagainya. Bahkan di portal penyimpanan video online terbesar sekelas YouTube sekalipun, disana juga banyak sekali video yang berasal dari TikTok yang diunggah langsung oleh para Youtuber.

Jadi kalau kita ingin menghasilkan uang dari internet itu sekarang mah enak. Tinggal download video-video lucu yang ada di aplikasi TikTok sebanyak-banyaknya. Kemudian gabungkan (edit) satu persatu video tersebut menjadi satu agar durasinya bertambah panjang. Setelah itu, baru unggah ke YouTube atau Facebook.

Dengan catatan kedua akun tersebut sudah berhasil dimonetisasi (disetujui) oleh masing-masing pihak platform yang bersangkutan. Kalau tidak di monetisasi, uangnya mau dapat dari mana dan mau masuk kemana?

Tapi sayangnya video hasil download dari aplikasi TikTok itu, menurut saya pribadi kurang sreg dan masih ada kekurangannya. 


Kekurangan yang dimaksud adalah terletak pada watermark/logo TikTok yang ikut nebeng didalam video tadi. Sehingga kesannya membuat video menjadi kurang profesional. Dengan demikian, tentu penonton juga bakalan tahu (semua) kalau video yang bersangkutan berasal dari aplikasi TikTok. Selain dari itu, status video akan rentan kena klaim hak cipta, jika watermarknya tetap dibiarkan.


Lantas bagaimana caranya agar Video TikTok yang di download tadi tidak muncul nama merk aplikasinya atau watermarknya? Caranya sangat gampang, kalian tinggal ikuti saja step by step yang akan saya jelaskan dibawah ini, maka kalian nanti akan tahu sendiri bagaimana cara menghilangkan tanda air video yang berasal dari aplikasi TikTok.


Berikut langkah-langkahnya:

1). Pertama-tama, kalian buka aplikasi TikToknya, lalu cari video yang ingin di download.

2). Jika targetnya sudah didapat, sekarang klik Tanda Panah 


3). Kemudian jika sudah dialihkan kehalaman baru, pilih Salin Tautan.

Tanpa Label dan logo

4). Jika link barusan sudah berhasil dicopy/disalin, langkah selanjutnya buka situs snaptik.app melalui browser yang ada didalam ponsel kalian (terserah mau menggunakan browser apa saja boleh). 

5). Selanjutnya kalau situsnya sudah terbuka, sekarang pastekan link yang dicopy tadi. Lalu klik logo download yang ada disampinya (warna hijau).


6). Kemudian kalian akan dihadapkan dengan beberapa server link download. Pilih salah satunya, dalam tutorial ini saya memilih Download Server 1


7). Setelah itu proses pen-download-an dimulai dan tunggu hingga proses videonya berhasil di download. Jika sudah, coba sekarang cek videonya di galeri, dan lihat hasilnya.


Saya rasa setelah kalian mengikuti step by step diatas secara benar, maka hasil download video TikToknya tidak lagi diikuti oleh tanda airnya (watermarknya). Disana kalian nanti akan menemukan pemandangan yang berbeda daripada video sebelumnya.


Related Posts

Subscribe Our Newsletter