Cara Mengaktifkan Speed Meter Internet Di HP OPPO

Speed Meter Internet adalah salah satu fitur terbaru yang dikembangkan oleh pihak pabrik smartphone Android yang berfungsi untuk mengetahui atau mengukur kecepatan pentransferan data internet.

Sebagai contoh misalnya apakah paketan yang kita gunakan saat ini kecepatannya bagus atau tidak? Atau apakah daftar paket promo si A speednya lebih baik dari paket promo Si B? Atau sebaliknya.

Selain itu, Speed Meter juga cocok digunakan sebagai alat test untuk mengetahui kecepatan akun VPN, SSH/SSL, dan speed internet gratisan.

Namun di ponsel-ponsel Android versi yang sudah lawas, fitur semacam ini masih belum kompetibel. Sehingga untuk mengetahui kecepatan internet didalam perangkat itu sendiri pengguna harus meng-install aplikasi pihak ketiga yang bisa di download melalui Google Play Store.

Disana sudah banyak aplikasi speed Meter berbagai merk yang telah dikembangkan oleh developer-developer dari penjuru dunia yang fungsinya sama antara aplikasi yang satu dengan yang lainnya. Bahkan dari segi penampilan halaman depannya pun hampir tidak ada perbedaan. Yang membedakan hanya terletak pada nama pengembang dan logonya saja.

Namun kalau smartphone Android yang kita miliki adalah buatan Cina dengan merk OPPO, maka kita tidak usah menggunakan aplikasi pihak ketiga lagi karena disana fiturnya telah disediakan oleh pihak pabrik.

Hanya saja fitur tersebut tidak langsung bekerja karena secara default memang pihak pabrik sengaja menguncinya. Maka dari itu, untuk menampilkan fitur speed Meter ini pengguna harus mengaktifkan dulu sebelum langsung memanfaatkannya.

Tapi sayangnya, masih banyak pengguna OPPO yang tidak tahu dimana letak pengaturannya. Bahkan diantara mereka ada yang masih menggunakan jasa dari aplikasi pihak ketiga untuk mengetahui kecepatan internetnya. Ia betul-betul tidak tahu kalau digadget yang dimilikinya sudah ada fiturnya.

Selain dari itu, masih banyak pula pengguna yang kurang memanfaatkan fitur semacam ini. Padahal fungsinya sangat berguna sekali untuk mengetahui kecepatan koneksi internet yang dipakainya.

Kemungkinan besar kenapa mereka tidak memanfaatkan fitur ini bukan karena mereka enggan untuk memakainya melainkan karena  ketidaktahuan mereka terhadap keberadaan dan fungsi dari Speed Meter itu sendiri.

Seandainya mereka tahu, sudah pasti Ia tidak akan menyia-nyiakannya. Bahkan seandainya di perangkat yang bersangkutan tidak ada fitur resminya dari pabrik, sudah pasti mereka akan mencari aplikasi dari pihak ketiga.

Karena menurut Saya pribadi, kalau kita sedang mengakses internet tanpa menggunakan Speed Meter Internet, ibarat kita naik sepeda motor tanpa speedometer. 

Jadi, kita asal gas saja, yang penting jalan dan nyampek tujuan. Masalah kecepatannya tidak dihiraukan berapa jarak tempuh yang seharusnya kita gunakan agar bisa tepat waktu ditempat tujuan!?

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur speed Meter Internet di HP OPPO.

1). Pertama buka Pengaturan Telpon

2). Kemudian pilih menu Notifikasi & Bilah Status

3). Selanjutnya pada Tampilkan Kecepatan Jaringan ceklistnya di geser ke kanan hingga berwarna hijau.

4). Jika sudah diaktifkan, maka fitur Speed Meter Internetnya langsung bekerja. Dan kalian bisa melihatnya tepat diatas layar Bar ponsel.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter