Cara Mengatasi Panggilan/Video Call Tidak Terhubung Ketika Menggunakan Internet Gratis HTTP Injector

Masalah Panggilan Telpon dan Video Call tidak Terhubung

Selain Psiphon, HTTP Injector adalah salah satu aplikasi VPN yang paling diminati oleh para pemburu internet gratisan. Entah itu para gretongers yang berasal dari dalam negeri maupun yang dari luar negeri.

Bukti jika HTTP Injector sangat diminati oleh para pengguna Android yang tidak mau mengeluarkan modal untuk beli paket internet, kita bisa mengeceknya melalui Play Store. Disana kita bisa melihat rating dan ulasan serta jumlah downloadnya berapa?

Selain dari itu, kita juga bisa melihat di group Facebook yang telah dibuat oleh masing-masing pengguna yang berasal dari berbagai manca Negara. Terutama di negara-negara yang statusnya masih tergolong negara berkembang seperti Brazil, India, Filipina, Myanmar dan lain-lain.

Alasan mereka menyukai aplikasi besutan Evozi ini bukan hanya karena bisa digunakan sebagai alat perantara untuk mengakses internet gratis saja melainkan juga karena aplikasi tersebut mempunyai kegunaan yang multifungsi.

Seperti misalnya bisa digunakan untuk mengecek status Bug-bug/celah tertentu apakah work atau tidak? Atau bisa juga digunakan sebagai Hotspot Wi-Fi untuk disambungkan ke Laptop/PC dan smartphone dari berbagai OS (Operasi Sistem). Dan masih banyak fungsi-fungsi yang lainnya tidak bisa kami sebutkan satu-persatu.

Perlu diketahui bersama bahwa Hotspot Wi-Fi yang berasal dari jaringan VPN, entah sinyal tersebut gratisan atau bukan, itu statusnya tidak bisa ditambatkan langsung ke perangkat lain. Kecuali didalam aplikasi yang bersangkutan sudah tersedia (support) dengan fitur Hotspot ini.

Setahu Saya aplikasi VPN yang support dengan Hostpot seperti ini adalah HTTP Injector dan KPN Tunnel. Tapi untuk KPN Tunnel ini saya lupa untuk KPN yang mana? Soalnya KPN Tunnel mempunyai 3 versi yaitu KPN Tunnel Official, KPN Tunnel Ultimate dan KPN Tunnel Revolution.

Jadi, meskipun kita sudah bisa mengakses internet tanpa mengeluarkan modal sepeserpun (gratis), kalau tidak tahu triknya belum tentu kita bisa menambatkan jaringan tersebut ke perangkat lain.

Sama halnya dengan kita ketika ingin melakukan panggilan telpon/Video Call di aplikasi-aplikasi Chat tertentu seperti misalnya di WhatsApp, Messenger, IMO, Line dan lain sebagainya, jika jaringannya berasal dari HTTP Injector belum tentu kita bisa terhubung kepada orang yang akan dihubungi.

Terhubung sih, tapi hanya sebatas di pemberitahuan deringnya saja. Namun Setelah diangkat panggilan tersebut, suaranya tidak ada. Alias panggilan telpon atau video call tadi sudah terputus secara otomatis.

Hal semacam ini terjadi bukan hanya di HTTP Injector saja tapi di aplikasi-aplikasi VPN lainnya juga sama. Intinya kalau internet gratisan tersebut berasal dari VPN, biasanya kalau digunakan untuk panggilan telpon dan video call rasanya sangat sulit untuk benar-benar terhubung kepihak orang yang akan dihubungi.

Jadi, jika kalian pernah mengalami hal yang serupa seperti ini dan kebetulan juga jaringan internet gratisannya berasal dari aplikasi HTTP Injector, maka untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa mencobanya dengan dua tips dibawah ini;

1). Menggunakan Protokol UDP

Jika pada saat kalian melakukan Panggilan Telpon dan Video Call tidak berhasil terhubung ke target, maka kalian bisa mengaktifkan UDP (User Datagram Protocol) di pengaturan HI.

Secara default, penerusan UDP ini memang tidak diaktifkan oleh pihak pengembang. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi pemakaian RAM yang berlebihan terhadap ponsel yang mempunyai spek rendah.

Jika pengguna memaksa mengaktifkan fitur ini maka suhu ponsel akan cepat panas dan sumber daya batrai akan cepat habis. Tapi untuk perangkat yang mempunyai spek lumayan tinggi, maka dampak negatif dari fitur tersebut tidak ada pengaruhnya sama sekali. Justru malah sebaliknya sangat disarankan untuk mengaktifkan fitur UDP ini.

Cara mengaktifkan UDP.

- Pertama, kalian tinggal buka pengaturan HTTP Injector.

Internet Gratis HTTP Injector

- Kedua, pilih penerusan UDP

- Selesai.

2). Mengganti akun SSH/SSL

Jika cara pertama tidak berhasil, kalian bisa mencobanya dengan yang kedua yaitu mengganti SSH/SSL.

Kenapa harus diganti? Karena tidak semua situs penyedia SSH Gratisan itu menyediakan akun SSH/SSL yang support dengan video call dan panggilan telpon. Selain dari itu kualitas SSH juga mempengaruhi kecepatan data internet. Maka dari itu, kalau kalian ingin membuat sebuah akun SSH, jangan asal buat saja, tapi diseleksi dulu servernya satu-satu. Baru jika sudah yakin ada server yang bagus, segeralah dibuat agar tidak kalah cepat dengan orang lain.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter