Cara Mengetahui Jenis Jaringan 4G Android Yang Mempunyai Kecepatan Tinggi Atau Lemot

Sinyal LTE 4.5

LTE atau Long Term Evolution, merupakan standar baru untuk meningkatkan kapasitas dan kecepatan jaringan internet. Istilah LTE kalau di Indonesia sendiri kurang familiar, mereka para pengguna smartphone masa kini, seperti Android, BlackBerry, Citizen, iOS (iPhone), Symbian, dan Windows Phone lebih gampang menyebutnya dengan istilah 4G.


LTE atau 4G adalah jenis jaringan Generasi keempat sebagai penerus dari jaringan 3G yang mempunyai kecepatan maksimum lebih dari 300 Mbps untuk Download/Unduh dan 100 Mbps untuk Upload/unggah.


Namun demikian, meski pengguna hampir setiap hari mengakses internet menggunakan jaringan 4G, ternyata masih banyak pengguna yang tidak tahu persis jenis 4G yang Ia gunakan selama ini termasuk jenis jaringan 4G yang mana? Apakah jenis sinyalnya  termasuk kategori tingkat tinggi atau rendah.


Yang mereka tahu kemungkinan besar hanyalah terletak pada kecepatannya saja bahwa jaringan 4G status speednya jauh lebih bagus/kencang daripada 3G.

Padahal pada kenyataannya, jaringan 4G itu sendiri mempunyai beberapa level atau kategori yang masing-masing level mempunyai kecepatan yang berbeda-beda.

Semakin tinggi tingkat kategori jaringannya, maka semakin tinggi pula statistik kecepatan internetnya. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah tingkat kategori 4G-nya, maka speed internetnya juga semakin berkurang atau lemot bin lelet binti letoy.

Makanya tidak heran jika terkadang kecepatan internet dari suatu smartphone itu meski sama-sama menggunakan kartu paket yang sama, lokasi yang sama, dan jaringan 4G yang sama pula maka kecepatannya tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.


Hal itu disebabkan karena jenis karakter sinyal LTE/4G yang diusung masing-masing smartphone tidaklah sama. Bahkan meski suatu merk ponsel pintar tersebut sama tapi kalau model dan versinya beda, maka tingkat karakter jaringan 4G-nya pun juga beda.


Sebagai contoh misalnya kalian punya smartphone Android merk Xiaomi Redmi Note 9, sedangkan temannya mempunyai Xiaomi Redmi Note 7. Meski keduanya sama-sama menggunakan HP merk Xiaomi dan juga sama-sama support dijaringan 4G, maka itu semua belum tentu jenis kategori sinyal LTE/4G yang diusungnya sama.


Bisa jadi jenis LTE yang ada didalam ponsel Xiaomi Redmi Note 9 level jaringan 4G-nya lebih tinggi daripada Redmi Note 7. Atau malah sebaliknya. Sehingga ketika keduanya mengakses internet di jaringan dan lokasi yang sama, maka salah satu diantaranya ada yang mempunyai kecepatan yang lebih tinggi daripada yang satunya lagi.


Jadi penyebab lambatnya jalur lalu lintas data dari sebuah smartphone tersebut bukan hanya terletak pada kinerja dari ponsel itu sendiri melainkan juga bisa disebabkan karena jenis/kategori jaringan 4G yang diusungnya kurang berkualitas. Atau dengan kata lain, sinyal 4G-nya masuk kedalam kategori tingkat rendah.


Untuk kategori jaringan smartphone sendiri biasanya disebut dengan istilah "cat" yang diambil dari kepanjangan Category (bahasa Inggris).


Berikut tabel penggolongan dari jaringan LTE 4G beserta nilai kecepatan download dan uploadnya.

Kategori

Download

Upload

LTE Cat1

10.3 Mbps

5.2 Mbps

LTE Cat2

51 Mbps

25.5 Mbps

LTE Cat3

102 Mbps

51 Mbps

LTE Cat4

150.8 Mbps

51 Mbps

LTE Cat5

299.6 Mbps

75.4 Mbps

LTE Cat6

301.5 Mbps

51 Mbps

LTE Cat7

301.5 Mbps

102 Mbps

LTE Cat8

299,8 Mbps

149,7 Mbps

LTE Cat9

452.2 Mbps

51 Mbps

LTE Cat10

452.2 Mbps

102 Mbps

LTE Cat11

603.0 Mbps

51 Mbps

LTE Cat12

603.0 Mbps

102 Mbps

LTE Cat13

391,7 Mbps

150.8 Mbps

LTE Cat14

391,7 Mbps

LTE Cat15

750 Mbps

LTE Cat16

979 Mbps


Nah jika kalian sudah mengetahui jenis kategori 4G-nya, selanjutnya kita cek jenis jaringan yang diusung oleh smartphone yang kita miliki. Apakah mempunyai kategori yang levelnya rendah, sedang atau tinggi? Berikut cara mengeceknya:

1). Pertama buka situs GSMARENA
2). Kemudian jika sudah, sekarang klik menu pencarian.


3). Selanjutnya ketikkan merk Ponsel kalian di kotak yang tersedia. Jika sudah muncul HP yang dimaksud, silahkan klik gambarnya. Atau bisa juga klik "GO". Dalam tutorial ini saya menggunakan HP Android merk VIVO Y15 sebagai alat peraga.

4). Setelah itu kalian akan dibawah ke halaman spesifikasi ponsel yang kalian cari. Jika sudah muncul info speknya, sekarang gulir kebawah layar ponsel kalian. Lalu cari fitur Network.

5). Nah disana nanti kalian akan mengetahui jenis kategori jaringan yang diusungnya, mulai dari GSM(2G), HSPA/HSDPA(3G), LTE(4G).


Pada gambar diatas, HP Android Vivo Y15 mengusung jaringan LTE-A (2CA) cat6 300/50 Mbps. Yang artinya perangkat tersebut di dukung oleh sinyal 4G Kategori 6 yang mempunyai kecepatan download 300 Mb perdetik dan kecepatan upload 50 Mb perdetik.

Related Posts

There is no other posts in this category.
Subscribe Our Newsletter