Cara Reset HP OPPO A12


 Mereset data sebuah smartphone Android itu adalah hal yang lumrah yang perlu dilakukan oleh para penggunanya. Karena ponsel pintar tersebut bisa dikatakan termasuk barang berharga yang harus dirawat dan dijaga oleh pemiliknya. Kalau tidak, maka bisa jadi barang tersebut tanpa kita sadari akan mengalami kerusakan yang sangat fatal.

Sebenarnya mereset HP itu bukanlah kewajiban yang harus dilakukan oleh si pengguna. Tidak, itu tidak benar. Seandainya meskipun perangkat tersebut tidak mau di reset seumur hidup, itu tidak masalah dan tidak ada yang melarangnya. Yang penting status ponsel masih tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Cuman, terkadang akibat terlalu sering sibuknya sebuah ponsel itu melakukan aktifitas membuat performanya semakin menurum. Terlebih didalamnya penuh dengan file-file yang dapat menguras ruang penyimpanan dan RAM (Random Access Memory). Itu pasti membuat kinerja ponsel semakin kurang optimal.

Nah dengan alasan seperti itulah mereset sebuah smartphone yang awalnya tidak diwajibkan bisa berubah status menjadi wajib atau keharusan. Karena kalau hal itu tetap dibiarkan maka cepat atau lambat akan berdampak pada komponen-komponen yang ada didalamnya. Kalau sudah masuk ke sana tentu suatu saat nanti hal yang awalnya  dianggap sepele bisa berubah menjadi masalah yang sangat serius.

Tapi biasanya orang yang ingin melakukan reset ulang terhadap smartphone yang Ia miliki mempunyai alasan yang tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Ada yang ingin meresetnya karena multitasking HP sudah mulai tidak stabil, ada juga karena kondisi ponsel mengalami blank, Bootloop, restart sendiri, screen kurang sensitif, dan lain sebagainya.

Tapi menurut pengamatan Saya, orang yang paling sering ingin mereset ulang ponselnya adalah karena mereka sendiri lupa akan password atau pola yang pernah Ia buat sebelumnya.

Tidak sedikit orang yang datang kepada Saya  minta tolong untuk membukakan HP-nya yang sedang terkunci karena lupa password dan polanya. Padahal Saya sendiri bukan seorang counter ataupun tukang Service HP, tapi kenapa orang-orang pada datang ke rumah Saya?

Mungkin kalau diperbaiki ke saya gratis kali ya? Dan cukup bilang "Makasih banyak ya mas". Habis itu langsung pulang. Coba kalau ke counter dan Service HP, uang Rp. 50 ribu mungkin sudah melayang ke kantong mereka. Muehehehe.

Oke kita lanjut ke topik bagaimana caranya untuk mereset HP Android OPPO A12? Tapi sebelum lanjut ke step by stepnya, alangkah baiknya kalian perhatikan dulu syarat-syarat yang harus dipenuhi agar nantinya setelah kalian mulai melakukan peresetan tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

1). Usahakan isi daya baterai tidak kurang dari 50%. Karena pada saat HP sedang melakukan proses peresetan, ponsel membutuhkan daya Ekstra. Jadi dalam tahap ini, usahakan kondisi ponsel tetap menyala dan tidak mati di tengah jalan. Karena kalau hal itu terjadi, maka masalahnya tambah serius.

2). Ponsel yang sudah di reset, data yang ada didalamnya akan terhapus semua kecuali data bawaan pabrik. Jadi bagi kalian yang ingin mereset ponselnya karena bukan lupa password, sebaiknya data yang ada didalamnya seperti Foto, Video, gambar, dan file-file penting lainnya di backup dulu ketempat penyimpanan lain. Misalnya pindah ke Card Memori, atau ke Laptop/PC. Kalau tidak punya, pindah ke HP orang-orang terdekatnya.

3). Usahakan Gmail yang kalian masukkan di akun Google, username dan passwordnya diingat betul. Karena nanti takutnya, Gmail yang bersangkutan statusnya sudah tersinkronisasi ke pihak Google. Kalau sudah demikian, nanti setelah kalian berhasil melakukan reset ulang, maka kalian disuruh memasukkan akun Gmail yang sudah tersinkron tersebut.

Jika seandainya kalian lupa akan username dan password Gmail tadi, maka percuma kalian melakukan reset ulang. Dan itu akan menambah masalah baru. Karena nanti ponselnya tidak mau dimasuki Gmail lain kecuali ponsel yang bersangkutan di bypass.

Jadi, kalau Gmailnya kalian setelah di cek statusnya dalam keadaan tersinkron, usahakan pengaturannya di ubah menjadi batalkan sinkronisasi agar nantinya setelah proses pe-reset-an berhasil tidak di mintai akun Gmail.

Gimana, sudah dibaca syarat-syarat diatas? Kalau sudah, oke mari kita lanjut ke langkah-langkahnya untuk mereset HP OPPO A12.

Cara Pertama:

1). Pertama matikan dulu ponselnya, kemudian hidupkan lagi dengan menekan tombol power secara bersamaan dengan tombol volume bawah (pengecil suara). Dalam tahap ini usahakan kedua tombol ditahan beberapa detik, jika sudah muncul logo OPPO segera lepas kedua tombol tersebut.

2). Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman Recovery mode. Jika sudah ada disana, pilih bahasa Inggris dengan cara menekan/mengetuk layarnya.


3). Kemudian jika sudah, sekarang pilih WIPE DATA


4). Lalu kalau kebetulan ponsel kalian di password, masukkan passwordnya. Jika tidak dipassword, maka tahap ini tidak berlaku. Kalian langsung dibawa ke tahap selanjutnya.


5). Jika sudah, sekarang kalian akan diberi dua pilihan WIPE DATA. Silahkan pilih saja yang paling atas Wipe Data. Atau biar kalian tidak bingung, pilih saja keduanya. Kemudian klik OK.


6). Selanjutnya tunggu hingga proses pe-reset-an berhasil diproses. Pada tahap ini, lamanya proses penghapusan data tergantung banyaknya data didalam ponsel yang bersangkutan. Semakin banyak data yang ada didalamnya, maka semakin lama prosesnya. Begitu pula sebaliknya.

7). Yang terakhir silahkan pilih Reboot. Selesai.

Cara Kedua:

1). Pertama buka Pengaturan Telpon

2). Kemudian Pilih Pengaturan Tambahan

3). Lalu pilih Cadangkan Dan Reset

4). Selanjutnya pilih Reset ke Data Pabrik

5). Kemudian pilih semuanya mulai dari:

- Reset Pengaturan Sistem Saja

- Hapus Apli Terunduh dan Datanya

- Hapus Semua Data

- Hapus Kontak dan Riwayat Panggilan

- Hapus Pesan SMS dan MMS Yang Tersimpan Di Ponsel Ini.

6). Selesai.

Dengan selesainya step by step diatas, maka selesai pulalah tutorial cara mereset ulang di HP OPPO A12 yang sedang kalian baca ini. Semoga dengan adanya Artikel yang sangat sederhana ini dapat membantu teman-teman semua dan dapat bermanfaat tentunya.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter