Cara Reset HP Xiaomi Redmi Note 7

Ada beberapa alasan kenapa para pengguna Android ingin mereset smartphone yang dimilikinya. Namun alasan pertama yang paling sering dilakukan adalah karena perangkat yang bersangkutan lupa password atau pola yang sebelumnya telah di buat sendiri.

Xiaomi Redmi
Tapi ada juga pengguna ingin mereset smartphone itu karena kinerja perangkat sudah mulai tidak stabil lagi. Artinya HP yang bersangkutan ketika dioperasikan terasa loading yang berlebihan ketika membuka sebuah aplikasi dan sebagainya. 

Hal itu disebabkan karena banyaknya file sampah yang menumpuk dan banyaknya aplikasi yang terinstall tidak sesuai dengan jumlah memori internal (ruang penyimpanan). 

Selain dari itu ada juga karena mengalami masalah yang agak serius yang dapat membuat status ponsel tidak bisa dioperasikan sama sekali. Seperti misalnya HP sering Blank, Bootloop, Kena virus dan lain sebagainya. 

Sehingga pengguna mau tidak mau agar perangkat bisa normal kembali harus melakukan reset ulang. Artinya keadaan ponsel akan dikembalikan ke semula persis seperti Ia pertama kali pegang setelah baru beli dari toko. Yaitu status HP dikembalikan ke pengaturan pabrik. 

Namun dalam artikel ini, Saya tidak akan membahasnya secara universal, melainkan hanya sebatas memberi tahu langkah-langkahnya saja bagaimana cara mereset ulang HP Android yang berlebel Xiaomi Redmi Note 7.

Kebetulan beberapa hari yang lalu, salah satu HP Xiaomi milik teman saya mengalami masalah yang Ia sendiri tidak mampu mengatasinya, sehingga Ia minta bantuan Saya untuk memperbaikinya.

Adapun masalah yang menimpanya adalah HP Android Xiaomi Redmi Note 7 yang dimilikinya mengalami lupa pola. Artinya kalau sudah demikian, status ponsel tidak bisa lagi dibuka secara normal seperti biasanya. Agar HP yang bersangkutan bisa dibuka, maka kita harus melakukan reset ulang.

Namun sebelum kita langsung meresetnya, ada beberapa hal yang harus diketahui dan diperhatikan oleh teman-teman semua, agar nantinya setelah HP berhasil direset kalian tidak kecewa dan menyesal. Diantaranya sebagai berikut:

1). Setelah HP berhasil direset ulang, maka semua file yang ada didalamnya akan terhapus semua kecuali bawaan dari pihak pabrik. Maksud file disini adalah seperti Foto, Video, Musik, Gambar, aplikasi pihak ketiga, isi pesan, Apk, rekaman suara dan lain sebagainya. Intinya semua file tanpa terkecuali yang berasal dari Download dan kiriman dari pihak ketiga akan lenyap dari perangkat.

Jadi, alangkah baiknya sebelum melakukan Reset ulang, file-file yang dianggap penting di backup dulu. Artinya disimpan atau dipindahkan ketempat lain seperti Card Memori, Flashdisk, Komputer/laptop dan lain-lain. Dengan catatan, kondisi ponsel tidak dalam keadaan terkunci (lupa password dan pola).

2). Sebelum melakukan Reset ulang, alangkah baiknya akun Gmail yang didaftarkan kedalam akun Google dalam keadaan tidak tersinkronisasi. Karena kalau akun Gmailnya sudah tersinkron, maka setelah HP berhasil direset kalian nantinya diminta untuk memasukkan username dan password dari Gmail yang sudah tersinkron tadi.

Jadi kalau tujuan kalian mereset ponselnya bukan karena lupa password atau pola, alangkah baiknya sebelum direset cek dulu status Gmailnya di pengaturan ponsel. Takutnya tanpa sepengetahuan Anda, Gmailnya sudah tersinkron secara otomatis.

Jika setelah dicek dalam keadaan sinkronisasi, maka tugas Anda adalah membatalkan status sinkronisasi tersebut.

Tapi dengan catatan, kalian benar-benar tidak mengetahui apa username dan password dari akun Gmail yang telah didaftarkan kedalam ponsel tersebut. Kalau username and passwordnya ingat (tahu), ya point nomor dua ini tidak berlaku bagi kalian.

Karena poin nomor dua ini hanya berlaku bagi pengguna yang tidak tahu menahu tentang Gmail yang dimasukkan kedalam akun HP Android yang bersangkutan.

Gimana? Setelah membaca kedua poin diatas apakah kalian siap untuk melanjutkan mereset HP Xiaominya? Kalau iya, berikut step by step cara mereset HP Xiaomi versi Redmi Note 7.

1). Matikan dulu ponsel Anda (usahakan status batrai tidak kurang dari 50%, kurang dari itu silahkan charger dulu agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2). Jika sudah, sekarang hidupkan lagi ponselnya dengan menekan tombol Power dan tombol Volume Atas secara bersamaan. Dan tahan beberapa detik hingga muncul tulisan Redmi sebanyak dua kali. Kalau sudah muncul 2 kali tulisan redminya, silahkan dilepas kedua tombol tersebut.

3). Setelah itu kalian akan dibawa kedalam halaman menu Recovery mode. Pada tahap ini, silahkan kalian arahkan ke menu Wipe Data dengan menekan tombol Bawah. Kemudian jika sudah, sekarang tekan tombol Power untuk mengeksekusi.

4). Selanjutnya pilih Wipe All Data. Dan tekan tombol Power lagi untuk mengeksekusi.

5). Kemudian kalian akan dibawa ke halaman baru lagi. Disini silahkan pilih menu Confirm dengan cara menekan tombol Power lagi. Dan tunggu sampai proses pengresetan berhasil.

6). Jika proses pengreset-an berhasil, maka dihalaman selanjutnya akan muncul tulisan  Data Wiped Successfuly (warna hijau). Kemudian klik saja langsung Back to Main Menu menggunakan tombol power lagi.

7). Selanjutnya kalian akan dibawa ke halaman Recovery mode lagi seperti semula, kemudian silahkan pilih Reboot untuk me-restart ponsel.

(Pada tahapan ini membutuhkan waktu yang agak begitu lama, silahkan ditunggu saja dengan sabar nanti akan nyampek juga kok).

Sebenarnya pada langkah nomor 7 diatas, proses reset ulang sudah selesai dan berhasil. Tapi berhubung saya ini ingin memberikan tutorialnya begitu komplit, maka saya akan lanjutkan step by stepnya sampai ponsel benar-benar bisa digunakan secara normal. 

Oke kita lanjut ke langkah selanjutnya.

1). Setelah HP berhasil di reset maka dilayar ponsel akan tampil versi MIUI 11. Kemudian untuk melanjutkan, pada layar tersebut kalian tinggal klik tanda panah yang ada dibawah.

2). Kemudian pada pilihan Bahasa, pilih Bahasa Indonesia, lalu tekan panah lagi yang ada dibawahnya, kemudian untuk lokasi pilih Indonesia. Kalau sudah, tekan panah lagi dibawah 

3). Selanjutnya kalian akan dibawa ke halaman Hubung Ke Jaringan. Nah, pada tahap ini ada dua pilihan. 

Jika akun Gmail Anda dalam status sinkronisasi, maka dalam tahap ini kalian pilih Tambah Jaringan. Namun apabila akun Gmailnya tidak tersinkron, maka pilih Lewati.

Kebetulan dalam tutorial ini Gmail HP yang bersangkutan tidak tersinkron, jadi Saya pilih Lewati dengan mengeklik panah yang ada disampingnya (kanan bawah).

4). Kemudian kalian akan dibawa ke halaman Syarat dan Ketentuan. Jika sudah berada disini, silahkan gulir ke atas layar ponsel kalian, kemudian pada ceklist yang kosong (Saya Sudah Membaca dan Menyetujui Perjanjian Pengguna dan Kebijakan Privasi)  di centang. Jika sudah, Lalu klik tanda panah lagi yang ada dipojok kanan bawah

5). Kemudian kalian akan memasuki halaman pemasukan SIM Card, pada langkah ini silahkan dilewati saja dulu dengan cara menekan panah yang sama.

6). Selanjutnya kalian akan dibawa ke Layanan Google, dalam tahap ini silahkan gulir keatas layar ponselnya kemudian pilih Setuju.

7). Kemudian kalian akan dibawa ke halaman Setelan Pembuat Sandi, dalam langkah ini silahkan kalian pilih Lewati Tahap Ini

8). Kemudian dihalaman Setelan Tambahan klik saja tanda panah.

9). Selanjutnya pada Setelan Tema, silahkan pilih Tema yang mana yang kalian suka, lalu klik lagi tanda panah yang ada di pojok kanan bawah.

10. Setelah itu akan muncul halaman baru yang menandakan bahwa pengaturan sudah selesai. Kemudian yang terakhir pilih tanda panah yang ada dibawahnya sekali lagi, dan tunggu ponsel untuk memuat aplikasi dalam waktu beberapa detik/menit, setelah itu ponsel bisa digunakan kembali secara normal dan lebih enteng tentunya.


Related Posts

Subscribe Our Newsletter