Cara Hard Reset / Reset Ulang HP Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Xiaomi Redmi Note 9 Pro Max merupakan smartphone Android yang dirilis pada tahun 2020. Pada awal-awal perilisan, smartphone asal Cina ini dipatok dengan harga yang sangat fantastis yaitu dikisaran antara Rp.8 juta hingga Rp.10 jutaan.

Factory Reset, Restore Data

Dengan harga yang sangat tinggi tersebut tentu itu sebanding dengan spek yang diusungnya. Karena HP ini dilengkapi dengan Chipset Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm) dengan prosessor Octa-Core dan Random Access Memory (RAM) sebanyak 8 GB serta Memori Internal 128 GB.

Untuk kapasitas baterai, Xiaomi Redmi Note 9 Pro dapat menampung daya sebanyak 5020 mAh dengan status pengisian yang sangat cepat (Fast Charging). Sedangkan untuk Operating Systemnya (OS), HP ini berjalan pada Android versi 10 (Q) dengan menggunakan MIUI 12.

Namun dalam artikel ini saya tidak akan membahasnya secara panjang lebar tentang spesifikasi yang terkandung didalamnya, karena itu bukanlah tujuan saya yang sebenarnya.

Disini saya akan membahas tentang Cara Meresetnya saja atau Factory Reset. Bukan yang lain. Factory Reset sendiri bahasa awamnya lebih dikenal dengan istilah install ulang. Sedangkan untuk bahasa Internasionalnya lebih masyhur dengan sebutan Hard Reset atau Restore Default.

Jadi istilah-istilah yang telah disebutkan diatas inti dari semuanya adalah mempunyai pemahaman yang sama yaitu sama-sama ingin mengembalikan status Android ke pengaturan pabrik.

Ada beberapa alasan kenapa pengguna Android itu ingin melakukan Reset ulang terhadap smartphone yang dimilikinya, diantaranya adalah;

a). Lupa password

b). Multitasking perangkat sudah mulai melemah

c). HP mengalami Restart sendiri, Bootlop, dan baru beli hp dari tangan kedua.

Kurang lebih begitulah alasan yang paling dominan yang Saya terima ketika ada orang lain meminta tolong untuk melakukan hard reset terhadap perangkat yang dimilikinya.

Namun sebelum kita lanjut menuju ke step by stepnya, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui sebelum melakukan peresetan terhadap perangkat kesayangan Anda. Yaitu;

1). Back-up Data.

Alangkah baiknya sebelum kalian melakukan Factory Reset, semua data yang ada di dalam ponsel nya di salin/pindah dulu ketempat penyimpanan perangkat lain. Karena HP yang sudah direset, semua data yang ada didalamnya akan terhapus semua tanpa terkecuali. Seperti misalnya Foto, gambar, video, dokumen penting, aplikasi, dan lain sebaginya.

Intinya disana nanti yang tersisa hanya data yang berasal dari bawaan pabrik. Sedangkan data yang berasal dari pihak ketiga, maka itu semua nantinya akan lenyap tidak berbekas sama sekali.

2). Daya Baterai diatas 50%.

Usahakan sebelum melakukan Reset ulang status daya baterai minimal masih tersisa separuhnya dari total keseluruhan. Karena pada saat proses peresetan sedang berjalan, perangkat membutuhkan daya Ekstra.

Kalau isi baterainya terlalu minim, takutnya ketika ponsel sedang di proses, dayanya tidak mencukupi. Sehingga nantinya jika ponsel mati dalam keadaan seperti itu, maka sudah dipastikan perangkat yang bersangkutan akan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

3). Jangan Sinkron Akun Gmail.

Jika tujuan kalian ingin mereset HP Xiaomi Redmi Note 9 Pro nya bukan karena lupa password atau tidak bisa dibuka, maka usahakan akun Gmail ponsel tidak di Sinkronisasi ke Google.

Karena nanti jika akun tersebut statusnya sudah tersinkronisasi, maka setelah perangkat berhasil direset, maka kalian nanti di suruh memasukkan akun Gmail yang lama.

Jadi kalau pada tahap ini kebetulan kalian sedang mengalami lupa username dan password nya, maka kalian tidak akan bisa lagi masuk kedalam halaman perangkat yang bersangkutan. 

Maka dari itu alangkah baiknya akun Gmail Android yang ingin diresetnya tersebut statusnya tidak tersinkron. Untuk mengecek apakah akun Gmail Android itu sudah tersinkron atau tidak? Bisa kalian baca Cara Menonaktifkan Akun Gmail Android Yang Sudah Tersinkron

Jika ketiga poin penting di atas sudah dibaca dan sudah dimengerti semua, mari kita sekarang lanjutkan ke step by stepnya.

Berikut Cara Factory Reset di HP Xiaomi Redmi Note 9 Pro.

1). Pertama-tama matikan dulu ponsel Anda. Kemudian hidupkan lagi ponselnya dengan menekan tombol Power + tombol Volume Atas secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul tulisan Redmi, jika merk-nya sudah tampil, silahkan dilepas kedua tombol tersebut.

3). Setelah itu kalian akan dibawa kedalam halaman menu Recovery Mode. Pada tahap ini, silahkan kalian pilih menu Wipe Data dengan menekan tombol bawah. Kemudian jika sudah, sekarang tekan tombol Power untuk mengeksekusi.

4). Selanjutnya pilih Wipe All Data. Dan tekan tombol Power lagi untuk mengeksekusi.

5). Kemudian kalian akan dibawa ke halaman baru lagi. Disini silahkan pilih menu Confirm dengan cara menekan tombol Power lagi. Dan tunggu sampai proses pengresetan berhasil.

6). Jika proses pengreset-an berhasil, maka dihalaman selanjutnya akan muncul tulisan  Data Wiped Successfuly (warna hijau). Kemudian klik saja langsung Back to Main Menu menggunakan tombol power lagi.

7). Selanjutnya kalian akan dibawa ke halaman Recovery mode lagi seperti semula, kemudian silahkan pilih Reboot untuk me-restart ponsel. 

8). Selesai.


Related Posts

Subscribe Our Newsletter