Cara Hard Reset/Reset Ulang HP OPPO A3S

Oppo A3S merupakan smartphone Android yang resmi dirilis pada pertengahan tahun 2018. Oppo A3S ini berjalan di OS (operasi sistem) Android versi 8.1 (Oreo) yang dilengkapi dengan Chipset Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm) dan CPU Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53.

Oppo A3S

Untuk ruang penyimpanan Oppo A3S dibekali memori internal sebesar 16 GB 2GB RAM dan 32 GB 3 GB RAM. Sedangkan untuk kapasitas baterai dibekali daya sebanyak 4230 mAh dengan kecepatan charging 20 Watt.

Bila ditinjau dari speknya, HP Oppo A3S ini bisa dikatakan sebagai ponsel yang lumayan mumpuni jika hanya sekedar digunakan untuk berselancar di jejaring sosial media dan Nonton streaming seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, YouTube dan sebagainya.

Tapi kalau digunakan untuk bermain game online seperti Mobile Legends, PUBG, Garena Free Fire, Marvel Super War, Dinasty Legend dan game-game online lainnya yang digemari oleh kebanyakan anak milineal sekarang ini, mungkin Oppo A3S ini kurang cocok dijadikan sebagai ponsel gaming.

Namun demikian, meski speknya tidak/kurang sesuai dengan kapasitas game yang telah disebutkan diatas, diluar sana ternyata masih banyak para gamer muda yang memaksa ponselnya untuk dijadikan sebagai perangkat gaming.

Giliran performa HP nya mengalami penurunan yang signifikan, dikit-dikit minta di reset ulang. Setelah selesai direset, install lagi aplikasi game yang sama, gak sampai beberapa hari kinerja ponselnya sudah mengalami hal yang sama seperti sebelumnya. Maunya ingin meresetnya kembali, tapi malu karena terlalu seringnya meminta orang lain untuk meresetnya.

Mau direset setiap menit pun kalau spek HP nya tidak sesuai dengan aplikasi yang diinstallnya, maka sampai kiamat pun pula ponsel yang bersangkutan tidak akan normal-normal juga.

Padahal kalau seandainya Ia tidak meng-install aplikasi-aplikasi game yang berkapasitas besar itu, meski Ia tidak meresetnya selama setahun, bahkan lebih maka kinerja ponsel aman-aman saja. Kecuali didalamnya memang terdapat aplikasi-aplikasi lain yang juga mempunyai ukuran besar baru itu bermasalah.

Jadi kalau masalah multitasking perangkat yang tidak stabil itu disebabkan karena terlalu besarnya aplikasi yang di installnya, kalian tidak harus melakukan reset ulang, cukup hapus saja aplikasi yang bersangkutan maka kondisi ponsel akan terasa ringan kembali.

Namun apabila tujuan kalian ingin mereset smartphone Android A3S nya untuk tujuan lain misalnya lupa password atau ingin menghapus file-file sampah yang tidak penting yang keberadaannya tersembunyi di balik layar, maka kalian boleh melakukan peresetan terhadap perangkat tersebut. Dan itu wajib hukumnya untuk segera dilakukan tanpa harus ditunda-tunda lagi.

Namun sebelum langsung melakukan peresetan, ada beberapa poin penting yang harus kalian ketahui agar nantinya setelah HP berhasil direset kalian tidak merasa kaget dan tidak menyesal.

1). Hp yang sudah berhasil direset, semua file yang ada didalam nya akan terhapus semua. Mulai dari aplikasi, video, foto/gambar, musik, SMS, dan lain sebagainya. Kecuali file-file yang berasal dari pabrik (file tipe ini aman).

Jadi kalau kalian ingin mereset ponselnya (bukan karena lupa password), alangkah baiknya file-file yang dianggap penting di backup dulu ke penyimpanan eksternal (memory card) atau ke dalam laptop dan ponsel lain.

2). Dibeberapa kasus, HP yang sudah direset sebelum masuk ke halaman utama, kalian nanti akan disuruh memasukkan akun Gmail lama yang sudah tersinkronisasi sebelumnya ke pihak Google.

Jadi kalau kalian tidak ingat password dari akun Gmail yang tersinkron tadi, maka alangkah baiknya kalian ubah dulu pengaturan Gmailnya agar akun tersebut statusnya tidak tersinkron lagi pihak Google. Sehingga nantinya ketika perangkat berhasil direset, sistem tidak akan meminta kepada kalian untuk memasukkan akun Gmail lama.#

Setelah membaca kedua poin di atas, apakah kalian siap untuk melakukan peresetan terhadap ponsel yang dimilikinya? Kalau iya! Silahkan simak baik-baik step by step berikut:

1). Pertama silahkan matikan dulu HP Oppo A3S kalian. Jika sudah, sekarang hidupkan lagi HPnya dengan menekan Tombol Power secara bersamaan dengan tombol Volume Bawah. Dalam tahap ini kalian jangan melepaskan kedua tombol tersebut sebelum logo OPPO muncul di layar.

2). Jika logo OPPO sudah muncul, silahkan lepas tombolnya. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman baru yang berisi tentang pilihan Bahasa. Dalam tahap ini, silahkan pilih bahasa Inggris.

3). Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman ColorOS RECOVERY. Pada tahap ini silahkan pilih WIPE DATA.

4). Kemudian pada halaman Wipe data ada dua menu yang harus di reset ulang datanya. Maka kalian pilih saja yang paling bawah yaitu Format Data.

5). Jika sudah, akan muncul sebuah notifikasi yang kurang lebih kalimatnya berisi "Formatting the data partition Will erase all user information" Silahkan pilih saja OK

6). Selanjutnya tunggu hingga proses pe-reset-an berhasil diproses. Pada tahap ini, lamanya proses penghapusan data tergantung banyaknya data didalam ponsel yang bersangkutan. Semakin banyak data yang ada didalamnya, maka semakin lama prosesnya. Begitu pula sebaliknya.

7). Yang terakhir silahkan pilih Reboot. Selesai.

Dengan melakukan Hard Reset tadi, maka semua pengaturan ponsel Android OPPO A3S kalian akan kembali ke pengaturan pabrik. Selain dari itu, multitasking HP akan terasa semakin ringan ketika di operasikan. Rasanya persis seperti HP anyar yang baru beli dari Toko.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter