Cara Hard Reset/Reset Ulang HP Xiaomi Redmi 8A Pro

Jika kalian pernah melakukan Hard Reset pada smartphone Android merk Xiaomi Redmi Note 7, mendingan kalian tidak usah meneruskan membaca artikel ini. Karena kalau diteruskan, kalian hanya buang-buang waktu saja.

Reset Xiaomi Redmi Note 7 Pro dan 8A Pro

Kenapa demikian? Karena cara mereset HP Xiaomi Redmi 8A Pro, step by stepnya sama dengan cara menginstal ulang Xiaomi Redmi Note 7. Bahkan saking samanya, tampilan halaman Recovery modenya yang pernah Saya potret tidak bisa dibedakan mana yang milik Redmi Note 7 dan mana yang milik Redmi 8a Pro.

Dengan tampilan yang tidak ada perbedaan sama sekali tersebut membuat Saya hampir salah sasaran ketika ingin menghapusnya dari Galeri. Yang awalnya ingin menghapus gambar halaman Recovery dari Xiaomi Redmi Note 7 pro, malah yang jadi sasaran gak tahunya gambar Recovery dari Redmi 8A Pro.

Tapi jika kalian tidak pernah mengalami melakukan reset ulang di Xioami Redmi Note 7 Pro, maka kalian bisa melanjutkan membaca artikelnya. Karena bagaimanapun juga, kalau Anda kurang mahir dalam ilmu reset mereset, maka kalian bingung juga cara meresetnya gimana?

Entar kalau dipaksa malah nyasar kemana-mana. Tujuan yang awalnya mau pergi ke halaman Recovery mode malah nyasar ke halaman FastBoot Mode. Giliran lihat tampilan FastBoot Mode baru pertama kalinya malah bikin panik dan bingung.

Yang lebih membingungkan lagi, pas kita mau keluar dari FastBoot Mode itu sendiri. Wah ini akan menjadi persoalan yang sangat pelik jika hal tersebut dialami oleh pengguna yang kurang berpengalaman.

Makanya oleh orang tua kita dulu sering diajari (diperingati) kalau mau mencari ilmu itu harus mempunyai guru, karena kalau tidak punya maka setan yang akan menjadi gurunya. Jika sudah setan yang mengajarinya, tentu kalian akan tersesat dan nyasar kemana-mana. Kalau sudah nyasar, solat ditempat sampah, dikira solat didepan Ka'bah.

Sama halnya dengan artikel ini, judulnya tentang reset HP Xiaomi Redmi, malah nyasar ke Saudi Arabia (Ka'bah). Ini otak si penulis pada kemana? Kok gak nyambung banget Muehehehe.

Oke kita lanjut ke topik! Namun sebelum langsung menuju ke pembahasan yang paling inti, ada beberapa syarat penting yang harus diketahui oleh kalian. Biar nantinya setelah ponsel sedang di reset maupun sudah berhasil di reset tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Sehingga dibenak kalian nantinya tidak ada rasa penyesalan sama sekali ketika kondisi ponsel mengalami perubahan-perubahan yang sangat signifikan. Apalagi sampai mengalami Bootloop.

Hal penting apakah yang dimaksud?

1). Ketika HP berhasil direset maka semua file yang ada didalamnya akan terhapus. Kecuali file-file yang statusnya murni dari bawaan pabrik. Jadi sebelum melakukan Reset, alangkah baiknya data penting yang ada didalam ponsel yang bersangkutan di backup dulu. Siapa tahu saja suatu saat nanti filenya dibutuhkan lagi oleh kalian.

2). Usahakan kondisi daya baterai tidak kurang dari 50%. Karena pada saat ponsel sedang melakukan proses peng-reset-an, sistem akan membutuhkan daya Ekstra. Jadi kalau isi batrainya sangat minim, alangkah baiknya batrainya di Charger dulu biar nanti ketika proses reset ulang sedang berjalan, status HP tetap hidup.

Karena jika pada tahap ini HP mengalami mati secara mendadak akibat kekurangan daya, maka ponsel akan mengalami masalah yang sangat serius dan tidak bisa digunakan kembali. Kecuali HP tersebut memang diperbaiki dengan mengeluarkan dana yang sangat fantastis (mahal).

3). Usahakan Akun Gmail ponsel status nya tidak tersinkron ke Google. Karena dibeberapa kasus, ponsel yang sudah berhasil direset, nanti pengguna akan dimintai Gmail lama yang sudah tersinkron tadi. Jika pengguna gagal memasukkan nya maka status ponsel tidak bisa masuk ke tampilan/layar utama.

Jadi, kalau kalian tidak hafal username dan password dari akun Gmail tersebut, maka alangkah baiknya di cek dulu akun Gmailnya, apakah statusnya tersinkronisasi atau tidak? Jika Iya, maka kalian bisa menon-aktifkan Gmail yang bersangkutan, untuk caranya bisa kalian cek artikel sebelumnya Cara Menon-aktifkan Gmail

Setelah membaca ketiga poin diatas apakah kalian siap untuk melanjutkan mereset HP Xiaominya? Kalau iya, berikut step by step cara mereset HP Xiaomi versi Redmi 8A Pro.

1). Pertama matikan dulu ponselnya. Jika sudah, sekarang hidupkan lagi dengan menekan tombol Power dan Volume Atas secara bersamaan agak lama. Jika sudah muncul logo Xiaomi Redminya, boleh dilepas kedua tombolnya

2). Setelah itu dalam hitungan detik akan muncul halaman menu Recovery mode. Pada tahap ini, silahkan kalian arahkan ke menu Wipe Data dengan menekan tombol Volume bawah. Kemudian jika sudah, sekarang tekan tombol Power untuk mengeksekusi.

4). Selanjutnya pilih Wipe All Data. Dan tekan tombol Power lagi untuk mengeksekusi.

5). Kemudian kalian akan dibawa ke halaman baru lagi. Disini silahkan pilih menu Confirm dengan cara menekan tombol Power lagi. Dan tunggu sampai proses pengresetan berhasil.

6). Jika proses pengreset-an berhasil, maka dihalaman selanjutnya akan muncul tulisan  Data Wiped Successfuly (warna hijau). Kemudian klik saja langsung Back to Main Menu menggunakan tombol power lagi.

7). Selanjutnya kalian akan dibawa ke halaman Recovery mode lagi seperti semula, kemudian silahkan pilih Reboot untuk me-restart ponsel. (Dalam tahap ini biasanya membutuhkan proses yang agak lama, jadi kalian tunggu saja dengan sabar).

8). Selesai

Related Posts

Subscribe Our Newsletter