Cara Keluar FastBoot HP Samsung A70

Artikel ini Saya publish berdasarkan pengalaman saya sendiri ketika HP Samsung A70 mengalami FastBoot secara tidak sengaja.

Samsung A70 Mengalami FastBoot Mode

Pada waktu itu saya didatangi oleh salah satu tetangga (tapi rumahnya lumayan jauh) yang tujuannya ingin meminta tolong untuk mereset smartphone Android yang baru dibelinya. Alasan mau direset itu bukan ponselnya yang mengalami masalah, tapi orangnya ingin menghapus semua data yang ada didalamnya.

Karena kalau hanya dihapus secara manual satu-persatu, belum tentu file-file sampah yang menumpuk didalamnya akan terdeteksi semua oleh si pemilik HP. Maka dari itu, satu-satunya cara untuk menghapus semua data/file yang ada didalam perangkat tersebut adalah dengan cara mereset atau meng-install ulang.

Setelah selesai mendengar inti permasalahannya, Saya tidak langsung melakukan hard reset. Tapi saya masih memberi pengarahan dan pertimbangan dulu ke orangnya agar nantinya setelah ponsel berhasil di reset, Ia tidak merasa menyesal jika ada data-data yang dianggap penting juga raib dari ponselnya.

Setelah proses intoregasi selesai, dan yang punya HP sudah siap menerima segala resiko yang akan terjadi nantinya, maka Saya pun juga siap bersedia melakukan penginstalan ulang secara sukarela serta tanpa harus di pungut biaya sepeserpun tentunya.

Tanpa pikir panjang, ya sudah saya langsung melakukan hard reset dengan melakukan metode yang sama dengan Samsung kebanyakan. Yaitu dengan cara menekan tombol daya dengan tombol Volume Atas secara bersamaan.

Tapi pas saya tungguin, disana ada keanehan terjadi yang tidak dapat diduga-duga sebelumnya. Dimana yang seharusnya setelah keluarnya logo Samsung langsung masuk kehalaman Recovery mode malah dalam kasus ini muncul halaman FastBoot.

Tentu dengan munculnya FastBoot ini saya agak merasa kaget. Karena bukan itu halaman yang saya target/tuju.

Tetapi berhubung disana sudah jelas ada panduannya, rasa kaget saya seolah-olah sudah mulai terobati. Kemudian segera Saya mengikuti petunjuk tersebut sesuai dengan panduan yang telah tercantum.

Dalam panduan tersebut disana sudah dijelaskan bahwa jika pengguna ingin memilih salah satu menunya, maka Ia harus menggunakan tombol Volume Atas untuk memilihnya. Kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol Volume Bawah untuk mengeksekusi.

Tapi dalam kasus ini keanehan yang tidak disangka-sangka sebelumnya terjadi lagi. Dimana ketika Saya menekan salah satu dari kedua tombol tersebut ternyata tombolnya tidak berfungsi sama sekali. Semuanya mati total. Sudah berkali-kali saya menekannya, tapi tetap saja hasilnya nihil.

Nah, di saat itulah saya bukan merasa agak kaget lagi, melainkan benar-benar terkejut yang bikin suasana jantung berdebar-debar. Pokoknya waktu itu Saya benar-benar terperangkap didalam lingkaran FastBoot yang bikin saya tambah bingung.

Bagaimana tidak bingung coba! Pas mau melakukan Hard Reset, semua tombol HP baik-baik saja dan tidak ada satupun yang macet apalagi rusak. Tapi entah kenapa ketika saya mau keluar dari halaman FastBoot Mode malah semua tombol tersebut tidak ada yang berfungsi sama sekali? Ini letak masalahnya ada dimana? (Pertanyaan tersebut sampai detik ini masih tetap menjadi misteri).

Cara Keluar Dari Mode FastBoot HP Samsung.

Secara Normal, jika pengguna ingin keluar dari halaman FastBoot Mode maka yang Ia harus lakukan adalah melakukan langkah-langkah berikut:

1). Langkah Pertama adalah pengguna harus pergi ke Menu Normal Boot dengan cara menekan tombol Volume Atas.

Tampilan halaman FastBoot Mode Samsung

2). Kemudian jika Menu nya sudah dipilih, maka langkah selanjutnya adalah menekan tombol Volume Bawah untuk mengeksekusi.

3). Setelah itu, Ponsel akan mengalami Reboot atau Restart. Selesai.

Lantas bagaimana kalau seandainya kejadiannya sama seperti yang pernah saya alami diatas? Sedangkan mau menekan salah satu tombolnya sudah tidak berfungsi lagi.

Jika permasalahannya sama persis dengan kejadian diatas dan kebetulan juga kalian tidak mempunyai perlengkapan Laptop/PC, maka solusinya yang harus kalian lakukan ada dua cara yaitu diantaranya adalah:

1). Dengan Cara Menekan Tombol Power.

Jika kalian ingin keluar dari halaman FastBoot Mode, tapi tombol Volume Atas/Bawah nya tidak berfungsi sama sekali, maka yang kalian lakukan adalah menekan tombol Daya selama mungkin hingga layar ponsel tidak menyala lagi (mengalami Restart sendiri). Setelah itu, ponsel kalian akan normal kembali dan halaman FastBoot Mode tidak akan muncul lagi.

Metode semacam ini, kadang tidak sepenuhnya langsung berhasil. Adakalanya kita harus melakukan beberapa percobaan agar status ponsel benar-benar kembali secara normal.

Misalnya pada percobaan pertama meski kalian sudah berusaha menekan tombolnya hingga sampai 5 menit lamanya tapi HP belum juga keluar dari FastBoot, maka di lain waktu kalian bisa mencobanya lagi dengan cara yang sama. Kemudian jika gagal lagi, coba terapkan lagi dengan metode yang sama pula. Insya'Allah dengan melakukan penekanan tombol power secara berulang-ulang tadi, FastBoot Mode ponsel kalian akan segera berakhir.

2). Manfaatkan Daya Batrai

Jika pada metode pertama tadi gagal, atau kalian merasa putus asa karena status ponsel tidak mati-mati (Restart) juga, maka kalian bisa memanfaatkan isi daya batrai ponsel.

Maksud manfaatkan disini adalah tunggu sampai isi daya batrai HP yang bersangkutan benar-benar habis. Kalau dayanya sudah habis, otomatis kondisi ponsel tidak menyala lagi.

Setelah kondisi ponsel benar-benar mati 100%, tugas kalian sekarang adalah mencharger (isi ulang) daya batrai yang bersangkutan. Jika sudah dirasa cukup daya batrainya, maka kalian boleh menyalakan ponselnya kemudian lihat hasilnya.

Saya rasa setelah ponsel Samsung A70 tadi dihidupkan kembali, maka FastBoot yang sebelumnya tampil didepan kalian itu akan tidak terlihat lagi. Dan itu artinya status HP Android anda kembali normal seperti semula.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter