Cara Membuka HP OPPO A12 Yang Terkunci atau Lupa Password

Lupa password atau kata sandi memang sering dialami oleh para pengguna Android. Tak terkecuali Ia sebagai orang yang baru memiliki HP Android atau orang yang sudah lama berkecimpung di dunia smartphone besutan Google yang satu ini.

Bobol HP OPPO12 yang di password atau lupa kata sandi

Jadi siapapun orangnya kalau sudah di hinggapi oleh pikiran lupa, maka ia tidak akan bisa mengelaknya dari semua itu. Karena memang manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Begitulah kata pepatah.

Bahkan saya sendiri juga tidak jarang mengalami masalah lupa password ini. Biasanya sifat lupa itu terjadi ketika saya membuat kata sandi baru menggantikan yang lama yang statusnya sudah tidak rahasia lagi dihadapan orang lain. Terutama didalam lingkungan keluarga sendiri.

Tapi pas saya mau buka ponsel, password yang saya masukkan itu adalah kata sandi lama. Sehingga meskipun kombinasi angka yang saya masukkan benar, tetap saja sistem menolaknya dan layar ponsel tetap terkunci.

Padahal pada kenyataannya, PIN dari perangkat tersebut memang sudah saya ganti sebelumnya. Hanya saja saya sendiri yang lupa kalau password yang lama sudah diganti yang baru.

Baru kalau posisi HP sudah beres, maksudnya status ponsel sudah tidak terkunci lagi saya ingat kalau perangkat yang bersangkutan kuncinya sudah dirubah. Kalau sudah kayak gini, rasanya gimana gitu. Rasa sebel dan marah kepada diri sendiri berkecamuk didalam hati dan pikiran. Rasanya pingin sekali Saya mau memukul kepala sendiri, tapi gak pernah jadi takut sakit.

Untungnya saya sendiri bisa mengatasi smartphone Android yang lupa password/kata sandi. Kalau tidak, mungkin uang saya akan masuk ke dompet para tukang Service HP dan Counter.

Tapi kalau orang lain yang mengalami seperti itu, penyebabnya beda. Rata-rata orang yang datang ke saya untuk memperbaiki ponselnya yang lupa kata sandi tersebut disebabkan oleh anaknya sendiri.

Saya sendiri tidak bisa memastikan apakah itu memang benar-benar terkunci karena ulah anaknya sendiri atau memang karena alasan semata-mata untuk mengamankan dirinya sendiri dari rasa malu?

Tapi yang jelas, apapun alasannya Saya akan tetap membantunya selagi ponsel tersebut benar-benar bisa diperbaiki dan bisa dikembalikan seperti semula. Namun jika Saya tidak mampu mengatasinya, maka saya  kembalikan ponsel tersebut ke yang punya dan menyuruhnya untuk diperbaiki ke counter-counter tertentu.

Perlu diketahui bersama bahwa tidak semua smartphone Android yang lupa password itu bisa diatasi langsung melalui perangkat yang bersangkutan. Tidak! Adakalanya HP yang terkunci tadi hanya bisa di buka dengan metode Bypass. Yaitu dengan cara menyambungkan Android melalui kabel USB ke Laptop/PC yang didalamnya sudah ada alat/tool yang berfungsi untuk memflashing perangkat tersebut.

Biasanya HP Android yang terkunci yang bisa dibuka dengan menggunakan metode Bypass ini disebabkan karena akun Gmail dari Android tersebut statusnya dalam keadaan tersinkron.

Namun dalam tutorial ini, untuk membuka password yang terkunci itu tidak butuh Laptop ataupun Komputer. Karena masalah yang terjadi pada HP Android merk OPPO A12 ini, letak permasalahannya tidak terlalu fatal. Jadi saya bisa mengatasinya langsung tanpa harus susah-susah mengkoneksikan ke Laptop.

Berikut Cara Membuka Kunci HP OPPO A12 Yang Lupa Kata Sandi Tanpa harus menggunakan Laptop atau Komputer/PC.

1). Pertama matikan ponsel kalian. Kemudian hidupkan lagi HPnya dengan menekan Tombol Power secara bersamaan dengan tombol Volume Bawah. Lalu setelah logo OPPO muncul, biarkan dulu beberapa detik, baru setelah kurang lebih 5 detik lamanya tombol yang ditekan tadi dilepas semua.

2). Kemudian setelah kedua tombol tadi dilepas, maka kalian akan dibawa kehalaman baru yang berisi tentang pilihan Bahasa. Dalam tahap ini, silahkan pilih bahasa Inggris.

3). Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman ColorOS RECOVERY. Pada tahap ini silahkan pilih WIPE DATA.

4). Kemudian pada halaman Wipe data ada dua menu yang harus di install/reset ulang datanya. Maka kalian pilih saja yang paling bawah yaitu Format Data.

5). Jika sudah, maka akan muncul sebuah peringatan apakah kalian benar-benar memformatnya semua data yang ada didalamnya atau tidak? Silahkan pilih saja OK

6). Selanjutnya tunggu hingga proses pe-reset-an berhasil diproses. Pada tahap ini, lamanya proses penghapusan data tergantung banyaknya data didalam ponsel yang bersangkutan. Semakin banyak data yang ada didalamnya, maka semakin lama prosesnya. Begitu pula sebaliknya.

7). Yang terakhir silahkan pilih Reboot. Selesai.

Setelah kalian melakukan step by step seperti diatas maka ponsel OPPO A12 kalian sudah tidak akan terkunci lagi. Dan kalian bisa mengoperasikannya kembali seperti semula. Dengan catatan, sekali lagi saya beritahukan akun Gmail yang ada didalam ponsel yang bersangkutan statusnya tidak tersinkron.

Jika email tadi sudah tersinkronisasi, mungkin lain lagi ceritanya. Dan bisa jadi untuk membuka passwordnya kalian harus melakukan cara kedua yaitu dengan cara Bypass.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter