Cara Mengatasi Rekaman Layar Video Xiaomi Redmi yang Tidak Bersuara

Sebelum boomingnya smartphone-smartphone Android merk Cina dipasaran Indonesia, mungkin fitur screen record video tidak begitu diminati keberadaannya oleh sebagian besar pengguna Android.

Rekam Layar HP Masalah Suara Tidak Muncul

Karena memang didalam perangkat yang bersangkutan oleh pihak pabrik tidak langsung disediakan fiturnya yang berbentuk  sebuah aplikasi, selain dari itu para Youtuber kala itu juga tidak sebanyak seperti sekarang ini.

Sehingga fitur semacam ini hanya dimanfaatkan oleh segelintir orang yang benar-benar sejak dari awal mempunyai tujuan untuk memberikan informasi tentang seputar smartphone Android tanpa ada niat untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube.

Dulu, Pengguna untuk memanfaatkan fitur perekaman layar ponsel Android semacam ini, Ia harus menggunakan jasa aplikasi dari pihak ketiga yang bisa di install melalui Play Store atau bisa didownload melalui situs-situs tertentu yang didalamnya sudah menyediakan berbagai jenis file APK.

Dikedua platform tersebut pengguna bebas memilih aplikasi yang menurutnya bagus. Yang terpenting disini adalah ponsel yang bersangkutan sudah klop dengan Aplikasi yang dipilihnya. Karena tidak semua aplikasi pihak ketiga tersebut dirancang oleh pihak pengembang untuk semua jenis HP.

Adakalanya ponsel-ponsel tertentu tidak kompetibel terhadap aplikasi screen record video. Terutama pada ponsel Android yang masih menggunakan versi KitKat kebawah dan masih belum di root. Sedangkan untuk versi yang ada diatasnya, dan status ponsel dalam kondisi root, maka mayoritas aplikasi yang bersangkutan sangat cocok dan berfungsi dengan baik.

Hanya saja meski kita sudah menggunakan aplikasi pihak ketiga ini hasil rekamannya masih kurang sempurna. Disana masih banyak kekurangan-kekurangan yang statusnya membuat pengguna merasa kurang memuaskan hati.

Adapun kekurangan yang dimaksud diantaranya adalah durasi rekamannya dibatasi hanya beberapa menit saja. Sehingga pengguna tidak bisa leluasa merekam layar ponselnya ketika sedang membuat tutorial yang jarak durasinya begitu panjang.

Kemudian, ada yang hasil rekamannya tidak mengeluarkan suara sama sekali, sehingga ketika video diputar ulang, seolah-olah orang yang sedang merekamnya memang sengaja tidak bersuara.

Selain dari itu, rekaman video yang dihasilkan dari aplikasi pihak ketiga tersebut semuanya tanpa terkecuali ada watermarknya. Sehingga ketika video diputar, orang lain akan tahu bahwa video yang bersangkutan dibuat menggunakan aplikasi merk-merk tertentu. Ya maklumlah namanya juga pakai aplikasi gratisan.

Namun semua kekurangan atau masalah yang telah disebutkan di atas bisa diatasi dengan dua cara yaitu pengguna harus menggunakan aplikasi premium (berbayar/langganan) atau kalau tidak mau mengeluarkan modal sepeserpun, pengguna bisa melakukan peng-root-an terhadap ponsel yang dilimilikinya.

Dengan melakukan dua metode diatas, maka aplikasi akan berjalan dengan sangat sempurna dan pengguna akan merasa puas akan video yang direkamnya.

Tapi itu dulu guys!!! Masa-masa dimana HP Samsung mengalami masa kejayaannya. Kalau sekarang mah beda keadaannya.

Sekarang masa ke emasan-nya HP Samsung sudah mulai di geser dan dirusak oleh HP buatan Cina. Hal tersebut disebabkan karena Produk Cina berani menawarkan harga yang sangat murah dibandingkan dengan Samsung. Bahkan murahnya bisa sampai dua kali lipat.

Tentu dengan adanya harga yang sangat terjangkau tersebut akan menjadi angin segar bagi masyarakat Indonesia, terutama oleh kalangan yang berstatus kelas ekonomi rendah seperti saya ini. Sehingga untuk mendapatkan HP yang mempunyai spek yang lumayan tinggi, kita sebagai orang kecil tidak harus merogoh kocek yang fantastis seperti harga merk Samsung yang dulu-dulu itu.

Selain dari segi harga dan spek, HP Cina juga kaya akan fitur yang fungsinya bermanfaat sekali bagi penggunanya. Fitur-fitur yang dulunya tidak ditemukan di HP Samsung, kini sudah tersedia di HP Cina. Sehingga pengguna nantinya tidak harus repot-repot meng-install aplikasi dari pihak ketiga lagi.

Salah satunya yang paling vital dan paling bermanfaat sekali bagi pengguna Android masa kini adalah fitur Screen Record Video. Iya, fitur semacam ini sudah hampir ada disemua HP buatan Cina termasuk di Xiaomi Redmi.

Tentu dengan hadirnya Screen Record Video tersebut akan menjadi angin segar bagi para penggunanya mengingat di era sekarang ini banyak sekali para pengguna Android yang sudah menjadi seorang Youtuber.

Tapi sayangnya meski didalam Xiaomi Redmi nya sudah dibekali fitur ini, diluar sana masih banyak yang tidak dimanfaatkan 100% dan masih meng-install aplikasi dari pihak ketiga.

Alasannya sangat sepele, menurut mereka screen recordnya belum berfungsi secara optimal. Karena hasil rekamannya ketika diputar, disana tidak ada suaranya sehingga membuat video terasa hening.

Padahal itu semua sebenarnya screen recordnya tidak ada masalah sama sekali. Hanya saja secara default, pengaturan suaranya oleh pihak pabrik di non-aktifkan. Sehingga untuk menggunakannya secara maksimal, Pengguna diharuskan untuk mengubah pengaturannya (diaktifkan) dulu sebelum Ia langsung melakukan rekaman video layar ponselnya.

Berikut Cara Mengatasi Screen Record HP Xiaomi Redmi Yang Tidak Ada Suaranya.

1). Pertama kalian buka dulu aplikasi Rekam Layar nya.

2). Kemudian setelah kalian ada didalamnya, sekarang klik Pengaturan (letaknya ada di pojok kanan atas).

Tidak muncul Suara

3). Selanjutnya pada pengaturan suara, disana secara default pengaturannya ada disettingan Suara Sistem.

Microfon

4). Jika sudah ditemukan, sekarang ganti statusnya ke Mikrofon.

5). Terakhir silahkan coba untuk merekam layar ponselnya, dan lihat hasilnya.

Saya rasa jika pengaturannya diubah seperti diatas, video hasil rekamannya tidak akan mengalami keheningan/bisu lagi.

Tutorial diatas bisa di praktekkan di semua HP Android merk Xiaomi Redmi. Jikapun pengaturannya ada perbedaan diantara ponsel yang satu dengan yang lainnya, kemungkinan besar perbedaannya tidak begitu jauh dari settingan diatas. Karena Saya sudah praktekkan di HP Xiaomi Redmi Note 7 dan Redmi 8a Pro, ternyata pengaturannya sama.

Demikianlah tutorial cara mengatasi hp Xiaomi yang tidak ada suaranya. Semoga dengan hadirnya artikel yang sangat sederhana ini dapat menambah wawasan untuk kita semua dan sangat bermanfaat tentunya.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter