Cara Menonaktifkan Akun Gmail Yang Sudah Tersinkron

Sinkron Akun Gmail biar Aman
Mungkin para pengguna Android masih banyak yang tidak mengetahui bahwa akun Gmail yang dimasukkan kedalam akun ponselnya akan tersinkronisasi secara otomatis tanpa sepengetahuannya.

Sehingga tidak jarang ketika pengguna melakukan reset ulang terhadap ponsel Android yang dimilikinya, kadang setelah HP berhasil di reset, sebelum Ia menguasai penuh perangkat tersebut, Ia mengalami kebuntuan ditengah jalan. Yaitu pengguna disuruh memasukkan akun Gmail lama kedalam smartphone Android yang bersangkutan.

Tentu dengan adanya perintah tersebut akan membuat pengguna merasa bingung dan kaget akan hal itu. Karena sebelumnya Ia benar-benar tidak mengetahui nama username dan password dari akun Gmail yang dimaksud. Kalaupun tahu mungkin hanya sebatas nama usernamenya saja, sedangkan passwordnya sudah tidak diingat lagi.

Apalagi gadget yang direset tersebut adalah ponsel yang baru beli dengan status seken. Wah tambah ribet masalahnya. Karena meskipun akun Gmailnya mau ditanyakan ke orang yang menjualnya, belum tentu juga Ia tahu username dan passwordnya.

Saya sendiri sebenarnya tidak tahu sejak kapan pihak Google memberlakukan hal semacam ini. Karena pengalaman saya sebelum tahun 2016 ketika saya mereset HP orang lain dari berbagai merk, hasilnya aman-aman saja (tidak dimintai Gmail lama).

Tapi entah kenapa di awal-awal tahun 2017 saya menerima tawaran dari tetangga untuk mereset HP miliknya. Kebetulan sebelum direset saya masih sempat mengecek versinya, dan ternyata disana tercantum versi 6 (Marshmallow). Yaitu smartphone Android yang paling mutakhir di kampungku pada waktu itu (meski diluar sana sudah tersebar versi 7 yang diberi nama Nougat).

Singkat cerita akhirnya saya tanpa ba-bi-bu langsung install ulang/reset tepat di depan orangnya, dan tanpa di duga-duga sebelumnya malah setelah HP berhasil direset sebelum masuk ke layar utama disana muncul perintah untuk memasukkan alamat email yang lama.

Tentu dengan adanya peraturan yang baru ini saya sebagai orang awam merasa kaget bin panik. Saya tanyain ke orangnya email yang dimaksud, malah ia sendiri lupa berapa passwordnya.

Untungnya waktu pembuatan Gmailnya tersebut pihak yang jual HP (bukan HP Bekas) memasukkan nomor hpnya teman saya itu sebagai alat penerima verifikasi. Sehingga waktu itu ketika tidak bisa masuk dengan akun Gmail lama, saya memilih masuk dengan cara lain yaitu dengan cara memanfaatkan lupa password.

Dan Alhamdulillah dengan memanfaatkan lupa password ini berhasil setelah nomor ponsel teman saya itu dapat kode verifikasi sebanyak 6 digit dari Google.

Jadi, bagi teman-teman yang kebetulan nyasar ke blog madurace.com dan sedang membaca artikel ini, kalau lain hari punya niat untuk mereset HP Androidnya jangan asal nyelonong saja. Cek dulu akun Gmailnya apakah disana statusnya dalam keadaan tersinkron atau tidak?

Kalau tidak, ya gak masalah! Tapi jika Gmailnya sudah dalam kondisi tersinkronisasi, maka segaralah di nonaktifkan dulu biar nanti setelah proses penginstalannya selesai, langkah selanjutnya tidak terjadi masalah seperti yang pernah saya alami. Kecuali, memang kalian ingat akan username dan password dari akun Gmail dari Android tersebut.

Lantas bagaimana cara mengecek Gmail yang sudah tersinkronisasi dan cara menonaktifkannya?

Caranya sangat gampang! Kalian tinggal ikuti step by step dibawah ini, maka nanti kalian akan mengetahui dan bisa langsung mempraktekkannya.

1). Pertama buka Pengaturan Telpon

2). Kemudian cari Akun dan Sinkronisasi

3). Selanjutnya pilih akun Google.

4). Nah disitu kalian akan mendapati laporan semua aplikasi Google yang statusnya tersinkronisasi maupun yang tidak tersinkron.

Bila pada ceklist tertentu dalam kondisi tercentang, maka itu artinya aplikasi yang bersangkutan dalam keadaan sinkron. Namun apabila sebaliknya, itu tandanya aplikasi yang bersangkutan tidak tersinkron.

5). Jadi tugas Anda disini adalah mengubah status ceklist-ceklist itu agar menjadi tidak tercentang satu persatu . Jika sudah, pilih Hapus.

6). Selesai...

Sebenarnya ceklist yang tidak usah dicentang itu cukup di aplikasi Gmailnya saja, sedangkan yang lainnya jika ingin dibiarkan tidak ada masalah. Tapi biar lebih afdal, ya lebih baik diubah semua.

Nah kalau akun Gmail tadi sudah tidak tersinkron lagi, maka kalian bisa langsung mereset smartphone Androidnya. Insya'Allah dengan melakukan pengaturan seperti itu, maka nanti setelah direset tidak akan diperintah untuk memasukkan akun email yang lama lagi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter